Cara Mengunci Jaringan 4G Agar Tidak Berubah

Tabel of Content [View]
Pada daerah tertentu, sinyal 4G yang kita terima tidak stabil, sehingga sering kali jaringan pada telepon sedang kita gunakan berubah sendiri ke jaringan EDGE. Jika Anda tidak menginginkan hal itu, beginilah cara mengunci jaringan 4G agar tidak berubah ke jaringan 3G maupun 2G.

Telah sama-sama kita ketahui, bahwa banyak paket internet yang ditawarkan oleh operator jaringan di Indonesia dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Ada kuota 4G, kuota semua jaringan, kuota malam, dan sebagainya.

Pada operator tertentu, saat membeli paket internet, kuota 4G yang kita terima lebih banyak dari pada kuota 3G / untuk semua jaringan. Hal itu dapat dimaklumi, sebab untuk saat ini, harga kuota 4G lebih murah dibandingkan harga kuota 3G.

Ketika kuota internet yang kita miliki adalah kuota campuran seperti yang saya sebutkan di atas, maka ketika jaringan internet tidak terkunci pada jaringan 4G LTE, biasanya kuota untuk semua jaringan habis terlebih dahulu.

Jika hal itu terjadi,  maka Anda tidak akan bisa lagi terhubung ke internet, kecuali menggunakan jaringan 4G, sebab kuota untuk semua jaringan telah habis.

Cara Mengunci Jaringan 4G Agar Tidak Berubah


Untuk mengatasi hal itu, Anda harus mengunci jaringan 4G LTE pada perangkat Anda.

Namun sebelum Anda melakukan hal itu, pastikan terlebih dahulu, bahwa sinyal 4G telah ada di daerah Anda.

Cara Mengunci Jaringan 4G Agar tidak Berubah

Sebelum melakukan lock 4G Network, pastikan bahwa operator yang Anda gunakan telah memiliki jaringan 4G LTE di lokasi Anda. Untuk mengetahui apakah jaringan 4G telah ada di lokasi Anda, caranya adalah sebagai berikut:

Cara Mengetahui Jaringan 4G di Lokasi Anda

  • Buka SIM Card Settings, lalu klik Mobile Networks
Cara Mengunci Jaringan 4G

  • Setelah itu, pilih jaringan secara manual Choose Network Manually, lalu klik OK
Cara Mengunci Jaringan 4G

  • Tunggu sampai scanning jaringan selesai.
  • Setelah scanning jaringan selesai, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Terlihat pada contoh ini, bahwa terdapat jaringan Telkomsel 4G di daerah saya, namun smartphone yang saya gunakan selalu menggunakan jaringan Edge atau 2G.
Cara Mengunci Jaringan 4G

Setelah mengetahui bahwa kartu SIM yang kita gunakan memiliki jaringan 4G. Maka berikutnya kita akan mengunci jaringan 4G tersebut agar tidak berubah ke jaringan 2G atau 3G.

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE

  • Buka dial phone Anda, lalu ketik *#*#4636#*#*
Cara Mengunci Jaringan 4G

  • Bila smartphone Anda dual SIM card, maka pilih SIM card yang Anda gunakan untuk internet. Pada contoh ini, jaringan internet yang saya gunakan adalah SIM 1. Klik pada pilihan Anda Phone information 1 jika Anda menggunakan SIM 1.
Cara Mengunci Jaringan 4G

  • Dari gambar di bawah, terlihat bahwa jaringan pada smartphone yang saya gunakan adalah LTE/UMTS Auto. Klik pada preferred network tersebut untuk mengunci pada jaringan 4G LTE 
Cara Mengunci Jaringan 4G

  • Pilih dan klik LTE only untuk memaksa dan mengunci jaringan ke 4G LTE
Cara Mengunci Jaringan 4G

  • Jika penguncian jaringan 4G LTE sukses, maka pada informasi jaringan di smartphone Anda telah berganti menjadi 4G, seperti terlihat pada gambar di bawah ini
Cara Mengunci Jaringan 4G

Demikianlah tips cara mengunci jaringan 4G agar tidak berubah ke jaringan 2G atau 3G. Jika cara di atas tidak bisa digunakan pada ponsel Anda, silakan coba Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Menggunakan Software

Perlu Anda ketahui, bahwa jaringan 4G LTE akan terkunci selama smartphone yang Anda hidup dan aktif. Karena jika smartphone Anda restart, maka jaringan akan kembali ke setelan otomatis LTE/UMTS Auto.

Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui, jika Anda melakukan lock network 4G LTE ini, ponsel Anda hanya bisa digunakan untuk internet saja, dan tidak bisa menerima panggilan telepon.

Silakan baca juga: