Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G Sendiri





Sebenarnya telah lama saya ingin mencicipi promo paket internet 4G yang relatif murah dibandingkan dengan paket internet 3G. Namun karena pada jaringan 3G pun masih mencukupi kebutuhan internet saya, saya pun belum melakukan upgrade ke jaringan 4G. Lagi pula jika upgrade ke jaringan 4G tentu harus upgrade juga smartphone-nya.

Karena tidak sabar lagi, akhirnya saya pun melakukan upgrade kartu Tri ke 4G sendiri tanpa harus ke 3 Store, padahal saat itu saya belum memiliki smartphone 4G.

Saya berfikir jika SIM Card saya telah support 4G, saya bisa kapan saja membeli HP 4G dan langsung bisa memakainya menggunakan SIM Card lama.

Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G Sendiri
Belakangan ini, hampir semua operator selular di tanah air menganjurkan kepada para pelanggannya untuk migrasi ke jaringan 4G. Bahkan mereka berlomba-lomba memberikan promo agar para pelanggan bersedia hijrah dari jaringan 3G ke 4G.

Bagi Anda yang ingin bermigrasi ke jaringan 4G, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus mendatangi Tri Store . Caranya pun cukup mudah sekali. Caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bahan yang diperlukan untuk upgrade kartu Tri ke 4G ini hanyalah kartu perdana upgrade 4G Tri yang bisa didapatkan di konter-konter HP atau dapat dibeli secara online di market place. Harganya murah, antara Rp. 2500 - Rp 5000.
Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G Sendiri

Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G Sendiri

  1. Sebelum melanjutkan, pastikan bahwa kita memegang kartu upgrade tri 4G. Jangan digunakan atau dimasukkan kedalam perangkat dulu. Tunggu sampai ada balasan SMS yang memberitahukan bahwa kartu 4G boleh dimasukkan.
  2. Dari nomor Tri 3G (yang akan di upgrade), ketik *123*46# lalu klik Call 
  3. Masukkan 20 Digit nomor ICCID (nomor yang tertera dibawah barcode dibelakang kartu Tri 4G), lalu tekan Kirim. 
    Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G Sendiri
  4. Berikutnya akan ada pertanyaan, apakah nomor ICCID sudah dimasukkan dengan benar. Jika sudah yakin benar, maka tulis angka 1 lalu tekan Kirim.  Tunggu sampai ada SMS dari 765.
    Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G Sendiri
  5. Setelah mendapatkan SMS dari 765, tulis kode rahasianya. (Dalam contoh ini kode rahasianya adalah UTV9F3QS) lalu balas dengan OK.
    Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G Sendiri
  6. Matikan HP, lalu masukkan kartu Tri 4G yang baru. Tunggu sampai ada SMS dari 765 yang memberitahu untuk memasukkan kode rahasia. Setelah SMS masuk, lalu balas dengan menuliskan kode rahasia yang telah kita terima pada langkah nomor 5 di atas, dengan format CODE<spasi>KodeRahasia 
    Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G Sendiri
  7. Jika berhasil, maka akan mendapatkan SMS balasan dari 765 bahwa proses upgrade kartu SIM 4G berhasil. Seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini
  8. Selesai. Alhamdulillah..

Begitulah cara saya melakukan upgrade kartu Tri ke 4G sendiri.

Jika Anda ingin mencoba jaringan 4G namun masih tetap ingin menggunakan nomor lama, maka Anda harus melakukan Upgrade. Namun jika, berganti nomor HP tidak masalah bagi Anda maka Anda tinggal membeli nomor perdana 4G, dan tidak perlu melakukan upgrade.

Setelah proses upgrade, nomor HP dan saldo pulsa Anda akan tetap seperti semula.

Perlu diketahui, bahwa proses yang kita lakukan pada tahapan-tahapan diatas tidak boleh lebih dari 15 menit. Jika lebih dari itu, kemungkinan akan gagal. dan akan ada sms pemberitahuan dari 765 bahwa proses telah gagal. Untuk melanjutkan proses upgrade ke 4G kita diharuskan ke 3Store terdekat.

Bila kita tidak mau ribet dengan proses diatas, sebaiknya datang langsung ke 3Store.

Namun jika tetap ingin mencobanya juga, silakan telepon customer service Tri di nomor 08994400088 untuk keterangan lebih lanjut.

Jika Anda memerlukan aplikasi Bima Tri untuk Windows silakan download pada link di bawah ini



Penulis Tidak Bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi pada perangkat Anda setelah mengikuti tutorial pada blog ini. "Do With Your Own Risk"


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »