Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt pada Blogspot


Jika suatu ketika akun Adsense Anda memberikan peringatan bahwa Anda harus mengaktifkan Authorized Digital Sellers atau ads.txt, maka bersegeralah mengaktifkan nya, jika tidak  ingin kehilangan penghasilan. Sehubungan dengan itulah, postingan kali ini saya beri judul Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt pada Blogspot.

Menurut Google, sangat disarankan agar Anda menggunakan file ads.txt. Langkah Google Adsense ini merupakan cara melindungi pengiklan dan penayang iklan. Ads.txt memberi kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menampilkan iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Dengan mengaktifkan ads.txt, kita memastikan kepada pengiklan bahwa blog kita merupakan mitra resmi, sehingga mereka tidak perlu khawatir untuk memasang iklannya.

Sebenarnya, tidak mengaktifkan ads.txt juga tidak masalah, selama akun Adsense Anda tidak mempermasalahkannya.

Berhubung akun Adsense telah memberi peringatan bahwa ads.txt harus diaktifkan, maka mau tidak mau harus diaktifkan bila kita masih ingin menerima penghasilan dari Google Adsense.

Baiklah, kita lanjutkan saja bagaimana langkah-langkahnya untuk mengaktifkan ads.txt pada blog kita, khususnya blog yang hosting di blogspot atau Blogger.

Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt pada Blogspot

Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt pada Blogspot


  • Masuk ke dashboard blogspot Anda
  • Klik bagian Setelan, lalu pilih dan klik Preferensi Penulusuran
  • Pada bagian ads.txt kustom, klik Edit
Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt pada Blogspot
Edit ads.txt kustom
  • Isikan baris berikut ini di dalamnya:
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Adsen Anda, sehingga akan terlihat seperti berikut:
Isikan baris berikut ini di dalamnya:
Isi ads.txt kustom
  • Setelah data ads.txt diisi, jangan lupa klik tombol simpan perubahan.
Itulah tadi cara mudah mengaktifkan ads.txt pada blogspot. Perlu diketahui, bahwa perubahan ads.txt mungkin membutuhkan waktu beberapa hari. Jadi harap bersabar, hingga peringatan merah hilang pada dashboard Adsense Anda .