Cara Mengetahui Postingan Yang Paling Banyak Menghasilkan Uang


Setelah daftar Adsense diterima, lalu dilanjutkan dengan memasang iklan ke dalam postingan blog. Setiap postingan dalam blog pasti memiliki page view yang berbeda, demikian juga klik iklan Adsense nya. Nah, untuk mengetahui hal itu saya akan memberikan tips cara mengetahui postingan blog yang paling banyak menghasilkan uang dari iklan Adsense.

Dari pengalaman saya selama ini, ternyata tidak selamanya postingan yang memiliki page view yang banyak juga menghasilkan klik Adsense yang banyak pula. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal itu. Salah satunya adalah isi konten dan letak iklan Adsense yang ada di dalam artikel tersebut.

Dengan mengetahui artikel mana saja yang paling banyak menghasilkan uang, kita akan lebih tahu artikel kategori apa saja yang harus kita perbanyak jika ingin mendapatkan banyak klik Adsense.

Untuk mengetahui data blog, baik page view maupun jumlah klik iklan Adsense, kita membutuhkan data dari Google Analytics yang telah terhubung dengan akun Adsense Blog Anda.

Cara Mengetahui Postingan Yang Paling Banyak Menghasilkan Uang

Jadi, agar kita bisa melihat dan mengetahui postingan yang paling banyak menghasilkan uang dari Google Adsense, akun Google Analytics Anda harus telah terhubung dengan akun Google Adsense. Jika belum, maka Anda harus menghubungkan kedua akun tersebut terlebih dahulu, agar data penayang bisa terlihat pada dashboard Google Analytics Anda.

Cara Mengetahui Postingan Yang Paling Banyak Menghasilkan Uang

  • Login ke akun Google Analytics Anda
  • Bila pada akun Google Analytics Anda terdapat beberapa web atau blog, pilih salah satu blog yang ingin diketahui
  • Selanjutnya klik Perilaku >> Penayang >> Halaman Penayang, maka akan terlihat seperti gambar berikut:


Dari gambar di atas, kita bisa melihat postingan mana saja yang paling banyak menghasilkan tayangan, klik, maupun pendapatan penayang. 

Ada yang unik dari data di atas, klik terbanyak didapatkan oleh postingan dengan nomor urut 7, yaitu sebanyak 73 klik Adsense, namun total pendapatannya lebih kecil dibandingkan dengan postingan nomor urut 1 yang memiliki klik Adsense sebanyak 34. Hal ini terjadi karena BPK atau Biaya Per Klik setiap iklan itu berbeda.

Itulah sebabnya kita harus memasang berbagai macam ukuran iklan pada postingan blog kita agar bisa mendapatkan pendapatan Adsense secara maksimal.

Dengan data-data di atas, Anda pun dapat melakukan analisa, postingan-postingan mana saja yang paling banyak diminati dan mendapatkan klik Adsense. 

Jika pada akun Analytics Anda belum bisa menampilkan data penayang, berarti akun Google Analytics Anda belum tertaut dengan Google Adsense Anda. Untuk menautkan kedua akun tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menautkan Google Analytics dengan Google Adsense

  • Login ke dashboard Google Analytics Anda
  • Klik Penayang >> Halaman Penayang >> lalu klik Mulai
Cara Menautkan Google Analytics dengan Google Adsense

  • Selanjutnya, pada bagian properti, klik Penautan Adsense
Cara Menautkan Google Analytics dengan Google Adsense

  • Pada langkah ini, silakan konfigurasi Tautan Adsense Anda. Sebelum menekan tombol Lanjutkan, pastikan bahwa Anda telah memberi tanda atau mengaktifkan Adsense untuk konten
Cara Menautkan Google Analytics dengan Google Adsense

  • Pengaturan selanjutnya adalah Anda harus memilih konfigurasi penautan. Setelah itu klik tombol Aktifkan Link
Cara Menautkan Google Analytics dengan Google Adsense

  • Jika penautan Analytics dan Adsense berhasil, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini
Cara Menautkan Google Analytics dengan Google Adsense

Perlu diketahui, bahwa penautan akun Analytics dengan Adsense memerlukan waktu hingga 24 jam agar bisa menampilkan data.

Itulah tadi tips praktis cara mengetahui postingan yang paling banyak menghasilkan uang dari Google Adsense dan cara menautkan akun Google Analytics dengan Google Adsense.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca: