Cara Mencari Broken Link pada Blog Secara Online

Tabel of Content [View]
Broken link atau tautan rusak berakibat tidak baik untuk sebuah blog. Sebab, ketika link tersebut di klik, akan menuju halaman error 404. Tentu saja hal itu harus segera diperbaiki. Dan beginilah cara mencari broken link pada blog secara online.

Bagaimanapun juga, broken link sangat tidak diinginkan oleh semua pemilik blog atau website. Jika sebuah blog memiliki broken link yang cukup banyak, tentu pengunjung blog tersebut akan kecewa, karena beberapa link yang mereka klik menuju halaman kosong 404.

Untuk itu, perlu kiranya secara rutin mencari dan memperbaiki broken link pada blog yang Anda miliki, agar user experience tetap terjaga. Sehingga pengunjung blog juga tetap setia bahkan bertambah.

Jika broken link dibiarkan, Google akan menganggap website anda memberikan rujukan yang tidak berkualitas, dan menjadikannya sebagai indikasi bahwa blog anda tidak terawat dengan baik.

Efek dari hal tersebut, tentu saja berhubungan dengan peringkat blog Anda pada mesin pencari Google. Bisa jadi, ranking blog Anda menjadi turun dengan adanya broken link atau dead link tersebut.

Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link pada Blog
Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link pada Blog

Baiklah, langsung saja kita lanjutkan bagaimana cara mencari broken link yang Ada di blog Anda. Pada saat membuat postingan ini, blog mustafazain.com saya jadikan sebagai contoh.

Ada banyak tool gratis yang bisa kita gunakan untuk mengecek broken link suatu blog. Salah satunya adalah Online Broken Link Checker yang beralamat di https://www.brokenlinkcheck.com/

Cara Mencari Broken Link pada Blog


  • Buka https://www.brokenlinkcheck.com/ pada browser kesayangan Anda 
  • Masukkan alamat blog Anda pada bagian Free Check for broken links. Lalu akhiri dengan Pada contoh ini, saya memasukkan www.mustafazain.com.

  • Berikutnya, memasukkan security code atau captcha, laku klik tombol Find broken links now! 

  • Tunggu sampai proses pencarian broken link pada blog atau website Anda selesai. Lamanya proses ini, tergantung jumlah halaman yang ada pada blog Anda. Jika dikehendaki, Anda pun bisa menghentikan proses dengan cara menekan tombol Stop yang berwarna merah

  • Setelah proses pencarian selesai, maka akan terlihat status Completed!. Dalam contoh ini, blog www.mustafazain.com hanya memiliki 1 broken link, seperti terlihat pada gambar di bawah

  • Untuk melihat postingan yang memiliki broken link tersebut, maka klik url. Bila ingin melihat postingan yang memiliki broken link dalam bentuk html, silakan klik src.
  • Selanjutnya, perbaiki broken link yang Anda temukan tersebut satu-persatu sampai semua diperbaiki. 

Demikianlah cara mencari broken link pada blog secara online dan gratis. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Cara Mengetahui Postingan Yang Paling Banyak Menghasilkan Uang