Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan

Tabel of Content [View]
Setelah melakukan pemasangan iklan Adsense dalam postingan, baik di atas, di tengah, dan di bawah postingan, kita akan melihat iklan-iklan itu tampil dalam setiap postingan blog kita. Namun sayangnya, tidak semua iklan yang tampil itu pantas ditayangkan pada pada blog kesayangan kita. Lantas bagaimana cara memblokir iklan Adsense yang tak diinginkan itu agar tidak mengotori tampilan blog kita? Saya akan memberitahukan caranya.

Tidak semua iklan Adsense layak untuk ditampilkan di blog kita. Ada beberapa iklan yang menjurus ke arah pornografi, atau iklan yang bertema ke-syirik-kan seperti penggandaan uang atau pesugihan, dan sebagainya.

Sebagai pemilik blog Anda harus melakukan pemblokiran terhadap iklan-iklan yang tidak baik tersebut untuk menjaga nama dan reputasi blog Anda. Namun jika Anda tidak masalah dengan iklan apapun yang akan tampil di blog Anda, tentu saja Anda tidak perlu melakukan pemblokiran seperti yang akan saya uraikan dalam postingan ini.

Google Adsense memberikan kontrol editorial terhadap iklan yang ditampilkan pada situs atau blog kita, Google juga menawarkan beberapa opsi untuk meninjau dan memblokir iklan yang muncul di halaman situs kita.

Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan


Sebelum kita melakukan pemblokiran pada iklan Adsense tertentu atau iklan yang kita rasa tidak pantas untuk ditampilkan di blog kita, tentu saja kita harus melihatnya terlebih dahulu.

Untuk itu, sesekali lihat dan tinjaulah iklan yang tampil di beberapa postingan dan sidebar blog Anda, namun usahakan jangan sampai Anda melakukan klik terhadapnya, karena hal itu akan dianggap invalid klik atau klik tidak sah. Lihat, apakah ada iklan yang tidak Anda sopan telah tampil di blog Anda? 

Jika ada, maka Anda bisa melakukan pemblokiran pada iklan tersebut. Atau jika perlu Anda bisa memblokir akun Google Ads yang digunakan oleh Advertiser tersebut, agar iklan sejenis tidak akan pernah muncul dari akun tersebut.

Selain karena alasan tidak pantas, iklan-iklan murahan tersebut biasanya memiliki BPK (Biaya Per Klik) yang rendah. Jadi, sudah sepantasnya jika iklan seperti itu kita blokir saja.

Ok, sekarang kita lanjutkan tentang bagaimana cara memblokir iklan Adsense yang tidak kita inginkan itu.

Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan


  • Login ke beranda akun Adsense Anda
  • Klik Kontrol pemblokiran
Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan

  • Pada langkah ini, silakan tuliskan iklan yang akan Anda blokir. Di sini saya hanya memberikan satu contoh saja. Saya akan memblokir iklan yang mengandung kata 4jam. Jadi saya tuliskan 4jam pada kolom pencarian. Anda bisa melakukan hal yang sama untuk iklan-iklan yang tidak Anda inginkan untuk tampil di blog Anda.
Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan

  • Setelah Anda menekan Enter, pada langkah di atas. Maka seluruh iklan yang berhubungan dengan kata yang Anda tuliskan akan muncul pada hasil pencarian. 
Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan

  • Langkah selanjutnya adalah melakukan pemblokiran satu persatu pada iklan yang tidak pantas untuk ditampilkan. 
  • Untuk melakukan pemblokiran, klik pada bagian pojok kiri bawah pada iklan tersebut, lalu klik Laporkan iklan agar iklan tersebut di cekal oleh Google Adsense, setelah itu akhiri dengan menekan Konfirmasi
Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan

  • Setelah semua iklan tidak pantas Anda blokir, selanjutnya lakukan pemblokiran pada akun Ads yang digunakan oleh pengiklan. Dari pengalaman saya selama ini, jika kita hanya memblokir iklannya saja, maka mereka akan membuat iklan lain yang sejenis. Namun jika akun Ads mereka kita blokir, maka blog kita akan aman dari iklan mereka selama mereka tidak membuat akun yang baru.
  • Untuk memblokir aku Google Ads mereka, klik pada iklan yang telah Anda blokir tersebut untuk melihat detail iklan.
Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan

  • Ketika detail iklan telah terbuka, klik Blokir Akun. Lakukan hal yang sama untuk iklan-iklan lainnya.
Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan

  • Selesai
Begitulah tips cara memblokir iklan Adsense yang tidak diinginkan agar tidak mengotori tampilan blog Anda.