IpeNtrJ0R1Tm71aVH3Vg6NXS2EFoQMcM3AIjiUck
Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda

Iklan Billboard 970x250

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda

Ketika kita membuat blog baru, umumnya hal pertama yang kita lakukan adalah memilih nama domain. Biasanya nama domain yang kita pilih sesuai dengan nama blog yang akan kita buat. Sebelum Anda memutuskan memilih domain, berikut ada beberapa tips memilih nama domain untuk blog yang akan Anda buat.

Sebenarnya, nama domain apapun bebas Anda gunakan. Namun, seperti halnya dengan nama Anda, nama domain juga merupakan identitas dari blog Anda.

Tidak seperti web hosting blog yang bisa berpindah-pindah antar penyedia hosting kapan saja Anda suka, nama domain yang telah Anda beli tidak bisa diubah. Sekali Anda memilih dan membelinya, nama domain pilihan Anda tersebut akan Anda gunakan selama domain tersebut aktif.

Tentu saja nama domain blog bisa diganti kapan saja Anda inginkan. Namun resiko-nya Anda harus memulai dari awal lagi, layaknya Anda membuat sebuah blog baru. Hal itu disebabkan, mesin pencari seperti, Google, Yahoo, atau Bing, menganggap blog Anda yang baru berganti domain tersebut sebagai blog baru.

Jadi, pertimbangkan dengan baik, sebelum memilih nama domain untuk blog Anda.



Berikut ini adalah tips memilih nama domain untuk blog yang bisa Anda lakukan agar blog yang Anda bangun sesuai keinginan.

Sebenarnya tidak aturan khusus dalam memilih nama domain untuk blog, namun demikian, jika Anda memilihnya dengan tepat, maka Anda akan mendapatkan nama domain terbaik untuk blog Anda.

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog 

  • Pastikan Tersedia

Pastikan pada saat menentukan, nama domain yang Anda inginkan tersedia, jika tidak, maka Anda harus mencari alternatif untuk nama domain blog Anda tersebut.

Untuk memastikan bahwa nama domain pilihan Anda tersebut tersedia, maka Anda harus mengunjungi situs penyedia hosting dan domain. Anda bisa memeriksa apakah nama domain pilihan Anda tersedia atau tidak dengan cara menuliskannya pada penyedia hosting dan domain tersebut.

  • Mudah Diingat

Saat memilih domain, pilihlah nama domain yang mudah diingat agar pengunjung blog Anda mudah saat menuliskan nama domain Anda pada web browser mereka. 

Nama domain yang mudah diingat memungkinkan blog Anda lebih cepat populer, sebab sekali sebut saja orang langsung bisa mengingatnya. Dengan demikian lebih besar kemungkinannya mereka untuk mengunjungi blog Anda

  • Semakin Pendek semakin Baik

Semakin pendek nama domain blog Anda, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan bagi pengunjung blog untuk mengetik dan mengingatnya.

Tidak ada larangan seberapa panjang nama domain untuk blog Anda, namun jika Anda serius, pilihlah nama domain pendek, usahakan tidak lebih dari 12 (dua belas) karakter, dengan alasan yang telah saya sebutkan di atas.

  • Hindari Tanda Hubung

Dalam memilih nama domain, usahakan Anda tidak menggunakan tanda hubung meskipun nama domain tersebut terdiri dari dua kata seperti mustafazain.com. 

Coba Anda bandingkan antara mustafazain.com dengan mustafa-zain.com. Tentu saja nama domain tanpa tanda hubung lebih mudah untuk diingat dan dituliskan.

Jadi, sebaiknya tidak menggunakan tanda hubung kecuali keadaan memaksa, misalnya karena berhubungan dengan nama brand yang Anda miliki.

  • Pilih Ekstensi Domain .COM

Sampai saat ini. ekstensi domain .COM merupakan ekstensi domain yang paling populer. Itulah sebabnya mengapa Anda harus memprioritaskan ekstensi .COM saat Anda memilih nama domain untuk blog Anda.

Untuk itu, jika memungkinkan, pilihlah nama domain dengan ekstensi .com. Namun jika tidak tersedia, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan nama domain dengan ekstensi .NET.

Umumnya, kebanyakan orang lebih familiar dengan ekstensi domain .com, dan biasanya mereka hanya mengingat nama domain blog Anda saja tanpa menghafalkan ekstensi domain-nya. Sehingga ketika menuliskan di web browser, secara otomatis mereka akan menuliskan nama domain blog Anda dengan ekstensi .com.

Demikianlah tips memilih nama domain yang tepat untuk blog Anda. Semoga ada manfaatnya.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca:
Cara Memilih Web Hosting Yang Tepat Bagi Blogger Pemula
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post