IpeNtrJ0R1Tm71aVH3Vg6NXS2EFoQMcM3AIjiUck
Cara Memilih Web Hosting Yang Tepat Bagi Blogger Pemula

Iklan Billboard 970x250

Cara Memilih Web Hosting Yang Tepat Bagi Blogger Pemula

Ketika pertama kali memutuskan menjadi blogger dua tahun yang lalu, pengetahuan saya tentang blogging masih lah sangat minim sekali. Karena semuanya saya pelajari secara otodidak, maka banyak sekali try and error yang saya lakukan, termasuk berulang kali pindah hosting untuk blog WordPress saya. Dari beberapa pengalaman yang pernah saya alami itulah, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara memilih web hosting yang tepat bagi blogger pemula.

Ngeblog tidak hanya sebatas masalah menulis konten. Namun lebih dari itu, seorang blogger juga harus memiliki pengetahuan tentang cara memilih hosting yang tepat bagi blog mereka.

Memilih web hosting, tak ubahnya seperti memilih rumah untuk tempat tinggal bagi keluarga kita. Sudah barang tentu, kita lebih memilih tinggal di rumah tersebut dalam jangka waktu yang lama, dari pada harus sering berpindah-pindah.

Dalam memilih hosting, kebanyakan blogger pemula menjadikan harga sebagai faktor pertimbangan utama. Hal ini dapat dimaklumi, sebab kebanyakan dari mereka, termasuk juga saya saat itu, hanya memiliki dana yang pas-pasan ketika memulai membangun sebuah blog.

Sebenarnya, tak ada salahnya kita memilih layanan hosting dengan harga murah, karena memang ada beberapa penyedia hosting murah namun tidak murahan.

Untuk itu, ketahui beberapa hal berikut ini agar Anda tidak hanya mendapatkan hosting murah namun juga hosting terbaik bagi blog Anda.

Cara Memilih Web Hosting Yang Tepat Bagi Blogger Pemula

Cara Memilih Web Hosting Yang Tepat Bagi Blogger Pemula

Agar Anda tidak "terjebak" saat memilih web hosting, sebagaimana yang saya alami saat awal mula belajar membuat blog WordPress, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  • Kualitas dan Kecepatan Server

Yang pertama kali perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk memilih salah satu penyedia hosting adalah mencari tahu tentang kualitas, kecepatan serta kehandalan server pada layanan yang hendak Anda pilih tersebut.

Hal ini sangat penting, sebab ketika pengunjung blog semakin banyak, biasanya permasalahan akan mulai muncul, seperti blog semakin lambat dan susah untuk di akses. Atau bahkan blog Anda tidak bisa diakses sama sekali disebabkan seringnya server mengalami gangguan.

Untuk itu, pastikan layanan hosting yang Anda pilih memberikan jaminan bahwa server yang mereka tawarkan memiliki uptime yang tinggi serta downtime yang rendah.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih layanan web hosting yang telah menggunakan LiteSpeed. Dari pengalaman saya selama ini, blog saya mengalami peningkatan kecepatan akses sejak saya memilih hosting yang menggunakan teknologi LiteSpeed.

LiteSpeed Web Server adalah server web yang menggunakan teknologi LiteSpeed sehingga mempunyai kinerja tinggi. Teknologi ini dapat menggantikan Apache Web Server tanpa harus mengubah konfigurasi, program, atau detail sistem operasi yang sudah ada, bahkan tanpa harus merusak apapun.

Dibandingkan dengan Apache, LiteSpeed Web Server memiliki akses loading time lebih cepat. Sehingga LiteSpeed Web Server dapat membantu Anda untuk membangun infrastruktur situs web atau blog yang efektif dan handal.

Jadi pilihlah penyedia hosting terbaik yang memiliki server dengan kinerja tinggi dan kualitas baik, sehingga blog atau situs web kita dapat diakses dengan cepat.

  • Kapasitas Ruang Penyimpanan

Setelah memilih kualitas server pada hosting pilihan Anda, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kapasitas ruang penyimpanan hosting yang akan Anda sewa tersebut. Jangan sampai hanya dalam beberapa bulan saja, ruang penyimpanan pada blog Anda telah penuh. Hal itu tentu saja sangat merepotkan.

Untunglah saat ini banyak penyedia hosting yang memberikan ruang penyimpanan tak terbatas alias unlimited kepada pelanggan nya. Jadi lebih baik jika Anda memilih hosting yang menyediakan penyimpanan unlimited.

  • Harga

Setelah mempertimbangkan kedua poin di atas. Hal berikutnya yang perlu Anda lihat adalah harganya. Pilihlah lah penyedia hosting yang memberikan paket menarik sesuai dengan yang Anda butuhkan namun memiliki harga yang terjangkau.

Pastikan bahwa, apa yang telah Anda bayarkan sesuai dengan yang Anda dapatkan. Jadi sebaiknya sebelum memutuskan menyewa hosting, sebaiknya bandingkan beberapa hosting yang menyediakan paket serupa untuk bisa mendapatkan harga terbaik sesuai kemampuan.

  • Customer Support

Yang tidak kalah penting dari ketiga faktor di atas adalah support yang diberikan oleh penyedia layanan hosting. Hal ini penting, bahkan sangat penting ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan yang berhubungan dengan hal teknis.

Idealnya tim Customer Support yang disediakan oleh penyedia hosting Anda tersedia 24 jam dalam sepekan. Jadi, ketika Anda memerlukan bantuan, kapanpun Anda bisa menghubungi nya, bahkan ketika hari libur sekalipun. Web hosting yang baik, akan menyediakan bantuan kapan saja, biasanya ditulis support 24/7.

  • Fitur Tambahan

Semakin banyak fitur tambahan yang diberikan oleh penyedia layanan hosting pilihan Anda, maka hal itu akan semakin baik pula.

Fasilitas atau fitur tambahan yang diberikan, seperti Add On Domain, Spam protection, Softaculous, dan lain-lainnya akan membuat blogging Anda lebih mudah dan menyenangkan.

Itulah cara memilih web hosting yang tepat bagi blogger pemula yang ingin membangun sebuah blog baru pada hosting terbaik.

Silakan baca juga:
Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post