Cara Merekam Suara Merdu di HP Android

Tabel of Content [View]
Sudah menjadi kebiasaan keluarga, sembari ber-aktivitas pagi seperti membereskan rumah, membuat sarapan, mempersiapkan bekal sekolah untuk anak, kami memutar murottal Al Qur'an menggunakan MP3 player portable. Lantunan ayat-ayat Al Qur'an yang keluar dari MP3 player itu terdengar sangat merdu sekali.

Salah satu tujuan saya memutar Al Qur'an surat-surat pendek itu adalah untuk memotivasi anak saya agar lebih bersemangat dalam menghafal Al Qur'an khususnya Juz 30.

Seiring berjalannya waktu, bacaan dan hafalan Al Qur'an anak saya pun semakin baik. Lantas saya berfikir, mengapa tidak bacaan Al Qur'an anak saya saja yang diputar di MP3 player itu?

Saya pun mencoba merekam suara anak saya ketika dia sedang menghafalkan Al Qur'an menggunakan perekam bawaan HP Android yang saya miliki. Namun hasilnya tidak se-merdu bacaan Al Qur'an yang ada di MP3 player itu, sebab pada perekam bawaan smartphone Android, umumnya tidak memiliki efek suara.

Beberapa aplikasi perekam suara atau voice recorder yang ada di Play Store saya coba satu per satu. Saya mencari perekam suara yang paling mudah digunakan dan dapat menghasilkan rekaman suara yang merdu, sehingga enak untuk pada saat  didengar.

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi perekam suara dengan kriteria yang saya butuhkan, namun kebanyakan aplikasi-aplikasi gratis itu dipenuhi dengan iklan yang seringkali sangat mengganggu. Apalagi jika iklannya kurang sopan, maka sangat tidak layak digunakan ketika sedang merekam ayat-ayat Al Qur'an.

Setelah mencoba beberapa aplikasi voice recorder gratisan dari Play Store, akhirnya saya mendapatkan aplikasi perekam suara yang sangat sederhana, namun memiliki efek suara yang dapat diatur, sehingga dapat menghasilkan rekaman suara yang cukup merdu. Dan yang lebih penting adalah aplikasi tersebut bebas dari iklan.

Nama aplikasi voice recorder yang saya maksud tersebut adalah Echo. Anda bisa mendapatkannya di Google Play Store. Aplikasi aplikasi tersebut hanya sekitar 427 KB saja. Sangat kecil dan sederhana sekali.

Cara Merekam Suara Merdu di HP Android

Cara Merekam Suara Merdu di HP Android

  • Install aplikasi Echo - Instant playback voice recorder dari Google Play Store atau klik tautan berikut ini:


  • Buka aplikasi Echo. Tampilan aplikasi ini sangat sederhana sekali, hanya memiliki 3 tombol. Record, Stop, dan Replay.
Cara Merekam Suara Merdu di HP Android
Aplikasi Echo
  • Tekan tombol RECORD untuk merekam suara. 
  • Untuk menghentikan perekaman klik tombol STOP
  • Untuk mendengarkan suara hasil rekaman sebelum disimpan silakan tekan tombol REPLAY
  • Untuk menyimpan hasil rekaman silakan tekan Bintang yang ada di bagian paling atas.
  • Untuk membuka pengaturan silakan klik menu titik tiga pada pojok kanan atas
Cara Merekam Suara Merdu di HP Android
Menu pengaturan aplikasi Echo
  • Untuk mengatur efek suara klik Settings. pengaturan efek suara cukup sederhana. terdiri dari Echo deay dan Echo volume delay
  • Silakan atur Echo delay sampai mendapatkan efek suara gema yang Anda inginkan
Cara Merekam Suara Merdu di HP Android
Echo delay
  • Berikutnya yang perlu Anda atur agar efek suara menjadi merdu adalah Echo volume
Cara Merekam Suara Merdu di HP Android
Echo volume
  • Silakan atur perpaduan antara echo delay dan echo volume untuk mendapatkan efek suara yang paling merdu menurut Anda.
  • Untuk menyimpan hasil rekaman suara, klik Recordings, lalu klik SAVE. Anda juga bisa mengganti nama file sebelum menyimpannya. Anda pun bisa menghapus file yang tidak Anda kehendaki.
Cara Merekam Suara Merdu di HP Android
File hasil rekaman



Perlu Anda ketahui, bahwa hasil rekaman aplikasi Echo ini masih berupa file WAV. Jika Anda ingin mengkonversinya menjadi file MP3 maka harus menggunakan aplikasi lain, sebab aplikasi ini hanya bisa menyimpan file dalam bentuk WAV saja.

Itulah tadi tips cara merekam suara merdu di HP Android yang bisa Anda lakukan tanpa repot dan ribet.

Silakan baca juga:
Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X