Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

Tabel of Content [View]
Alhamdulillah, akhirnya tercapai juga cita-cita meminang Xiaomi Mi 6X. Tapi ketika pertama kali saya menyentuh dan membuka semuanya, ternyata ROM yang digunakan pada Xiaomi Mi 6X yang saya beli di Toko**** bukanlah ROM aslinya, melainkan ROM Distributor alias ROM abal-abal. Istilah yang sering digunakan oleh temen-temen di FB group untuk ROM racikan distributor ini adalah ROM bala-bala alias abal-abal.

Hanya bertahan sehari saya menggunakan ROM abal-abal ini pada HH Xiaomi Mi 6X saya. Kekurangan yang paling terasa pada ROM Distributor ini adalah tidak adanya Mode AI pada kameranya. Padahal niat saya meminang HP Xiaomi Mi 6X ini adalah ingin meningkatkan pengalaman menggunakan kamera smartphone yang sebelumnya hanya menggunakan Xiaomi Redmi, yang tentu saja dari segi kamera masih kalah unggul jika dibandingkan dengan Xiaomi seri Mi.

Setelah browsing kesana-kemari akhirnya saya dapatkan cara ganti ROM Distributor ke ROM China stable Xiaomi Mi 6X tanpa harus UBL terlebih dahulu.

Jika harus UBL terlebih dahulu, paling tidak saya harus menunggu sekitar 720 jam atau sebulan kemudian barulah penggantian ROM bisa saya lakukan.

Syukurlah semua bisa dilakukan tanpa UBL. Maka saya pun memutuskan melakukan penggantian ROM pada Xiaomi Mi 6X yang baru sehari saya pegang. Awalnya ada rasa khawatir, karena saya belum UBL dan belum memasang TWRP. Bila telah terpasang TWRP, jika gagal kan tinggal flash ulang saja tanpa ribet. Namun akhirnya, saya lakukan juga, karena berharap saya bisa menikmati segala kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 6X.

Ternyata proses flash pada penggantian dari ROM abal-abal ke ROM China stabil sangat singkat sekali. Dan inilah langkah-langkah yang saya lakukan saat itu.

Sebelum Anda lakukan, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu agar proses penggantian dapat berjalan sesuai keinginan.

Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

Bahan-bahan Yang Harus Disiapkan dan di Install:

  • Laptop atau Desktop dengan Windows yang telah terpasang di dalamnya. 
  • Koneksi internet yang stabil
  • Install ADB driver installer v2.0, bahannya silakan di download pada tautan berikut ini:
  • Install Mi Phone Assistant versi China, bahan silakan download pada tautan berikut:
  • Jika tidak mengerti bahasa China, install terjemahannya dalam bahasa Inggris silakan buka link dibawah ini:
  • Download ROM China Stable MIUI 9 recovery version 9.5.15.0 (1,8 GB)

Jika semua driver dan aplikasi telah diinstall serta ROM telah didownload, maka selanjutnya adalah memulai eksekusi penggantian ROM aba-abal menjadi ROM resmi untuk Xiaomi Mi 6X.

Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

  • Pada Mi 6X Anda, aktifkan USB Debuging dan Install via USB. Jika bagian Developer options belum ada, maka aktifkan dengan klik 7 kali pada MIUI version. 
Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

  • Matikan Xiaomi Mi 6X Anda, lalu masuk ke Recovery mode. Caranya tekan Tombol Power + Volume Up
  • Pilih Connect with MiAssistant. Jika perangkat Anda tertulis menggunakan bahasa China, pilih saja yang paling bawah seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini
Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

  • Selanjutnya silakan buka aplikasi Mi Phone Assistant pada laptop Anda, lalu login menggunakan akun Mi Anda. Ingat! Gunakan akun yang sama dengan yang digunakan oleh Mi 6X Anda. Jika Anda belum memiliki Mi akun, silakan membuatnya terlebih dahulu dengan menekan create account.
Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

  • Setelah Anda berhasil sign in, silakan hubungkan Mi 6X Anda ke Laptop menggunakan kabel data original bawaan Xiaomi. Pastikan Xiaomi Mi 6X Anda masih pada mode recovery
Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

  • Setelah perangkat Mi 6X dan laptop Anda terhubung, lalu pilih select ROM pakage. Lalu pilih ROM miui-MI6X_V9.5.15.0.ODCCNFA-69583f9b96-8.1.zip yang telah Anda download sebelumnya
Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

  • Sebelum proses flashing dilakukan, Anda akan diberikan dua pilihan. Pilihan pertama adalah melakukan Flash tanpa menghapus data yang telah ada. Sedangkan pilihan kedua adalah Quick-Flashing. Pada pilihan kedua ini proses flashing lebih cepat dari cara flashing yang biasa, namun konsekwensinya adalah semua data di wipe atau di hapus. Ketika membuat tulisan ini saya memilih quick flashing, karena memang data pada smartphone saya belum ada, jadi flashing berjalan lebih cepat.

  • Tunggu hingga proses flashing selesai. Pastikan bahwa ketika proses berlangsung koneksi antara laptop dan Mi 6X Anda tidak terputus untuk menghindari kegagalan dalam proses flashing.
  • Jika proses flashing sukses, maka pada layar laptop Anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa klik tombol yang bertuliskan cina pada bagian bawah (seperti ditunjukkan pada gambar) untuk restart perangkat Xiaomi Anda.
Cara Mudah Ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

  • Alhamdulillah..

Begitulah cara mudah ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X yang dapat Anda lakukan sendiri dengan cepat dan mudah.

Berhubung yang kita flash ini adalah ROM China yang tidak memiliki Google Play Store, maka harus kita tambahkan secara manual agar smartphone Xiaomi Mi 6X kita layaknya smartphone Android yang lainnya.

Untuk itu kita akan memasang atau meng-install Google Installer pada Xiaomi kesayangan kita ini.

Cara Memasang Google Play Store pada ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

  • Download dan Install Google Installer v2.0 pada tautan berikut ini:
  • Jalankan aplikasi Google Installer yang telah Anda install tadi, lalu klik tombol biru yang bertuliskan INSTALL pada bagian bawah. 
Cara Memasang Google Play Store pada ROM China Stable Xiaomi Mi 6X

  • Ikuti dan install satu per satu aplikasi Google dari Google Installer v2.0 ini sampai selesai. Mulai dari Google Service Framework, Google Account Management, Google Play Service, Google Calendar Synchronization Service, Google Contact Synchronization Service, sampai Google Play Store. 
  • Bila semua terpasang dengan benar, maka Xiaomi Mi 6X Anda siap digunakan.

Itulah tadi pengalaman saya dalam cara mudah ganti ROM Distributor ke ROM China Stable Xiaomi Mi 6X dan cara memasang Google Play Store pada ROM China Stable Xiaomi Mi 6X yang saya lakukan sesaat setelah saya menerima Xiaomi Mi 6X yang saya beli secara online.