Cara Mudah Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati

Tabel of Content [View]

Ternyata Telkomsel memiliki fitur mengaktifkan sendiri kartu prabayar yang telah mati. Jadi, tidak perlu ke GraPARI jika ingin mengaktifkan kembali kartu Telkomsel Prabayar yang telah mati atau hangus karena lupa mengisi pulsa. Adanya fitur ini, memudahkan pelanggan Telkomsel Prabayar yang berada di pedalaman dan jauh dari GraPARI. Dari pengalaman pribadi ketika mengaktifkan kartu Telkomsel Prabayar ini, maka saya buatlah postingan yang berjudul Cara Mudah Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati.

Sebelum Telkomsel menyediakan Paket Masa Aktif, setiap kali ingin menambah masa aktif kartu Telkomsel, maka saya harus membeli pulsa atau paket data. Namun karena untuk kebutuhan online saya menggunakan kartu Tri, suatu saat tanpa sengaja kartu Telkomsel yang saya gunakan masa tenggangnya telah berakhir sehingga kartu Telkomsel tersebut hangus alias kadaluwarsa.

Cara Mudah Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati

Alhamdulillah, kartu yang hangus tersebut belum melebihi 3 bulan. Karena jika kartu telah kadaluwarsa melebihi 3 bulan, maka tidak bisa lagi untuk diaktifkan sendiri.

Syarat untuk bisa menghidupkan kembali kartu Telkomsel yang telah mati adalah menyiapkan nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga yang telah digunakan untuk registrasi kartu yang telah mati tersebut. Jika Anda menggunakan nomor KTP atau Nomor KK yang berbeda dengan saat melakukan registrasi awal, maka otomatis permohonan Anda untuk mengaktifkan kembali kartu SIM Anda akan otomatis ditolak.

Baiklah, langsung saja kita praktikkan reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah yang sudah mati karena kadaluwarsa. Caranya sebagai berikut:

Cara Mudah Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati

  • Buka menu panggilan telepon di ponsel Anda, ketik *888*89# lalu ketuk tombol Panggil
Cara Mudah Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati


  • Selanjutnya pilih Reaktivasi kartu dengan cara menuliskan angka 1 lalu ketuk tombol Kirim
Cara Mudah Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati


  • Masukkan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sama dengan saat melakukan registrasi kartu yang hangus tersebut. Setelah itu ketuk tombol Kirim
Cara Mudah Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati


  • Masukkan nomor Kartu Keluarga (KK) yang sama seperti saat digunakan registrasi pertama kali kartu yang akan diaktifkan, setalah itu tekan tombol Kirimkan
Cara Mudah Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati


  • Bila nomor KTP dan nomor KK sesuai dengan data pada Telkomsel, maka Anda akan mendapat SMS bahwa permintaan reaktivasi sedang  di proses, seperti ditunjukkan oleg gambar di bawah ini:
Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati


  • Tunggu 1x24, setelah itu lakukan registrasi dengan format seperti yang ada di SMS pada langkah sebelumnya.
  • Setalah menunggu sekitar 10 jam, lalu saya coba registrasi, ternyata berhasil. Jadi, tidak harus menunggu selama 24 jam.
aktivasi kartu Telkomsel berhasil


Semoga setalah membaca tutorial tentang cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah hangus di atas, Anda jadi tahu bagaimana cara menghidupkan kembali kartu Telkomsel yang telah kadaluwarsa.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca:

Cara Beli dan Buat Sendiri Nomor Telkomsel Secara Online