Masuk Daftar Kampus Swasta Terbaik 2022, Ini Prestasi Gunadarma

Tabel of Content [View]

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi 4 International College and Universities (4ICU) UniRank baru saja merilis daftar peringkat perguruan tinggi terbaik dunia untuk periode Agustus 2022. Kali ini terdapat setidaknya 582 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam penilaian. Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam jajaran daftar kampus swasta terbaik 2022 menurut UniRank periode Agustus 2022 adalah Universitas Gunadarma.

Menduduki peringkat ke-4 sebagai kampus swasta terbaik 2022, sudah banyak prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan Universitas Gunadarma. Kampus ini telah sukses mencetak mahasiswa yang unggul dalam prestasi, baik di bidang akademik maupun di luar akademik. Bahkan dari tahun ke tahun, Gunadarma terus menghasilkan lulusan yang berkualitas. 

Universitas Gunadarma


Dikutip dari laman mulaidiug.com, berikut ini adalah beberapa prestasi yang sudah diraih oleh Universitas Gunadarma.

1. Menciptakan Alat Ventilator

Pada tahun 2021, Universitas Gunadarma berhasil menciptakan alat pernapasan ventilator yang ditujukan untuk pasien COVID-19. Dalam proyek penciptaan ventilator ini melibatkan tiga fakultas sekaligus yaitu, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Komputer. Ventilator sendiri alat yang sangat dibutuhkan saat pandemi COVID-19. Ini karena alat ini diklaim dapat membantu pasien menghadapi penyakitnya. Tim Universitas Gunadarma telah berhasil menyelesaikan ventilator yang didesain dengan sistem knock down dan low cost ventilator dengan material yang hampir keseluruhan dapat diperoleh dari dalam negeri. Sehingga nantinya ventilator ini dapat diproduksi dengan cepat, singkat dan efisien semurah mungkin.

Setelah berhasil menciptakan inovasi dalam bidang kesehatan, yaitu ventilator, tim Universitas Gunadarma juga mengembangkan perangkat PAPR (Powered Air Purifying Respirator) sebagai pelengkap APD yang telah dimodifikasi dari masker dan PAPR ini juga dilengkapi dengan saluran inspirasi dan ekspirasi dengan sensor pendeteksi tekanan inspirasi dan ekspirasi yang bertujuan untuk memberikan pernafasan yang disesuaikan dengan ritme pernafasan pemakainya dengan aman dari virus dan bakteri.

2. Gunadarma Technopark

Tidak cukup berhenti di situ, Universitas Gunadarma juga berhasil membangun Universitas Gunadarma Technopark (UG-Technopark). UG-Technopark adalah kompleks atau kawasan pengembangan teknologi, manajemen, pendidikan, dan bisnis. kawasan di UG-Technopark ini bersifat holistic integrative yang dapat menunjang kegiatan-kegiatan di sektor pendidikan, pertanian, pariwisata, dan pengembangan teknologi. Sehingga diharapkan kedepannya UG-Technopark dapat menjadi ikon sekaligus wujud nyata dari multi disiplin ilmu di Universitas Gunadarma.

Keberadaan UG-Technopark juga dikaitkan dengan kebijakan dari Kampus Merdeka, yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam kebijakan tersebut, kegiatan perkuliahan dapat dilakukan di luar kelas. Oleh karena itu, saat ini Gunadarma sedang mengembangkan konsep tersebut di UG-TechnoPark, yaitu sebagai pembelajaran di luar kelas, misalnya dengan metode project based learning atau pengembangan kewirausahaan mahasiswa melalui start-up business berbasis teknologi. Sarana di UG-TechnoPark pada dasarnya adalah spektrum teknologi, yang mendukung pengembangan IPTEKS di semua program studi dan semua jenjang pendidikan di UG.

3. Teknologi Mendukung e-Government

Selain menciptakan inovasi dalam bidang kesehatan, Universitas Gunadarma juga berhasil menciptakan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam bidang pemerintahan. Inovasi ini adalah e-government. Saat ini, peluncuran inovasi ini telah berjalan di Pekalongan dan Aceh. Dalam peluncurannya, mahasiswa dilibatkan secara langsung, di mana mahasiswa diminta memberikan pelatihan IT bagi para PNS. Tujuannya tidak lain untuk menciptakan pemerintahan yang berjalan efektif, cepat, dan bersih. Selain itu, inovasi ini juga mulai dijalankan di Depok, di mana proyek yang tengah berjalan adalah menciptakan kota cyber dan kota pintar (smart city).

4. Career Center

Inovasi lain yang tidak kalah bagusnya adalah career center, di mana inovasi ini merupakan layanan khusus kepada lulusan yang menerapkan prinsip job matching. Layanan ini dapat diakses melalui career.gunadarma.ac.id. Sistem tersebut berisikan basis data alumni UG yang sudah lebih dari 100 ribu alumni. Dengan adanya career center, maka perusahaan dapat memberikan informasi lowongan kerja atau memberikan feedback ke Universitas Gunadarma melalui fitur e-tracer study. E-tracer study sendiri merupakan fitur yang berisikan masukan pengembangan kurikulum atau proses pengembangan pendidikan di Universitas Gunadarma.

Beberapa prestasi dan inovasi dari Universitas Gunadarma tersebut menjadi bukti bahwa memang Universitas Gunadarma adalah kampus swasta terbaik di Indonesia.