Cara Mudah Menambah Kapasitas Upload WordPress

Tabel of Content [View]

Secara default, WordPress menetapkan ukuran file maksimum untuk di upload adalah sebesar 2 MB. Bagi sebagian besar pemilik blog, ukuran file upload sebesar 2MB terlalu kecil, apalagi jika yang akan diunggah adalah foto atau video ukuran HD. Agar saat proses pengunggahan media atau plugin yang lebih besar dari 2BM, maka kapasitas upload harus ditingkatkan. Sehubungan dengan hal itu, kali ini saya akan berbagi tentang cara mudah menambah kapasitas upload WordPress.

Fitur upload WordPress ini memungkinkan kita mengunggah file tanpa menggunakan FTP maupun File Manager. Fitur ini menggunakan PHP untuk memulai proses unggah file ke server, sehingga, terdapat limit atau batasan maksimal ukuran file yang diberlakukan. Namun begitu, kita menaikkan batasan tersebut.

Menaikkan kapasitas upload file ke WordPress ini mutlak diperlukan ketika Anda ingin memasang tema dan plugin WordPress yang besar ukurannya. Atau ketika Anda memiliki blog fotografi misalnya, mau tak mau Anda harus mengunggah file-file foto yang berkualitas tinggi, yang tentu saja ukurannya pun jadi besar.

Cara Mudah Menambah Kapasitas Upload WordPress


Baiklah, langsung saja kita coba cara menaikkan kapasitas upload ke WordPress ini. Caranya sebagai berikut:

Namun sebelum itu, saya akan tunjukkan bagaimana cara memeriksa unggahan file maksimum yang dimiliki oleh blog WordPress Anda.

Secara otomatis WordPress akan menampilkan batas maksimal ukuran upload file saat Anda mengunggah gambar atau media lainnya.

Untuk memeriksanya, silakan buka Media >> Add New pada dashboard WordPress Anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Cara Mudah Menambah Kapasitas Upload WordPress


Setalah mengetahui batas ukuran file upload pada blog kita, sekarang mari kita kita lanjut ke bagaimana caranya meningkatkan kapasitas upload file ke WordPress.


Cara Mudah Menambah Kapasitas Upload WordPress

  • Login ke cPanel Anda, lalu buka File Manager. Selain menggunakan File Manager di cPanel, Anda juga bisa menggunakan FTP client seperti FileZilla misalnya.
  • Temukan file .htaccess, biasanya terletak pada folder public-html.
Cara Mudah Menambah Kapasitas Upload WordPress

  • Klik kanan pada file .htaccess, lalu pilih dan klik Edit.
FTP client seperti FileZilla

  • Selanjutnya, tambahkan kode di bawah ini ke dalam file .htaccess yang sedang Anda edit tersebut
php_value upload_max_filesize 128M  
php_value post_max_size 128M  
php_value max_execution_time 300  
php_value max_input_time 300
  • Letakkan kode di atas pada bagian paling bawah file .htaccess, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Cara Mudah Menambah Kapasitas Upload WordPress

  • Setelah kode upload maximum size Anda tambahkan, lalu simpan dengan cara menekan tombol Save Changes
Cara Mudah Menambah Kapasitas Upload WordPress

  • Kini maksimum file yang bisa Anda upload ke WordPress Anda menjadi 128MB

Semoga setelah mengikuti cara mudah menambah kapasitas upload WordPress di atas, Anda tidak lagi mendapatkan pesan error The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini.

Silakan baca juga:

Cara Reset Password Wordpress Melalui PhpMyAdmin