5 Strategi Pemasaran Produk Makanan Khas Daerah

Tabel of Content [View]

Pemasaran adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan agar bisnis yang kita jalankan berhasil. Seperti halnya produk makanan tradisional, strategi pemasaran produk makanan khas daerah tersebut harus dilakukan dengan tepat agar sesuai dengan harapan.

Secara garis besar, strategi pemasaran produk makanan khas daerah dapat dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah strategi pemasaran secara offline, dan yang kedua adalah strategi pemasaran yang dapat dilakukan secara online.

Strategi Pemasaran Produk Makanan Khas Daerah

Beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam memasarkan produk makanan khas daerah, diantaranya lsebagai berikut:

Strategi Pemasaran Produk Makanan Khas Daerah


1. Menjaga Kualitas dan Citarasa Produk

Strategi pertama yang harus dilakukan adalah strategi secara offline, kita harus konsisten dalam menjaga kualitas dan citarasa produk makanan khas daerah yang kita miliki. Hal ini sangat penting untuk dilakukan konsumen tetap membeli produk kita. 

Jika citarasa dan kualitas produk berubah, maka tidak mustahil konsumen akan mencari produk lain yang serupa dan tidak lagi membeli produk yang kita pasarkan tersebut.

Jadi yang terpenting dari suatu produk makanan, khususnya makanan khas daerah adalah citarasa makanan tersebut. Jika citarasa berubah, maka hal itu akan mempengaruhi penjualan dari produk tersebut.

2. Promosi Menggunakan Media Sosial 

Strategi pemasaran produk makanan khas daerah yang berikutnya adalah dengan melakukan promosi di media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika melakukan promosi menggunakan media-media sosial tersebut.

Keuntungan melakukan promosi di media sosial adalah hemat biaya dan gratis. Selain gratis, keuntungan lainnya adalah kegiatan promosi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. 

Alangkah baiknya jika kita bergabung dengan grup Facebook atau Whatsapp yang sesuai dengan produk makanan yang ingin kita pasarkan. 

3. Bergabung Dengan Komunitas

Stategi pemasaran yang selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas daerah. Kita bisa mencari komunitas daerah yang berada di kota tempat tinggal kita. 

Semakin aktif dan semakin banyak komunitas yang kita ikuti, maka  semakin banyak pula yang kenal bisnis kita. Dan tidak menutup kemungkinan potensi pendapatan kita juga akan lebih  banyak pula. 

4. Membuka Toko di Marketplace

Strategi selanjutnya adalah membuka toko Marketplace. Jika kita ingin menjalankan usaha secara online produk makanan khas daerah maka Marketplace menjadi satu tempat yang sepertinya wajib kita ikuti saat ini. 

Marketplace ini semacam mall, mereka mendatangkan pengunjung ke marketplace tersebut, dan pada akhirnya, toko-tokonya yang ada di dalamnya akan mendapatkan pembelinya masing-masing, termasuk toko kita.

Kita bisa membuat toko secara gratis di beberapa marketplace seperti, Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya.

5. Membuat Website

Selain membuat toko di marketplace, strategi pemasaran lainnya yaitu dengan membuat website sendiri. Dengan membuat website sendiri, kita tidak bergantung dengan orang lain seperti halnya toko yang kita buat di marketplace. Konsumen bisa memesan langsung ke website kita. 

Buatlah website semenarik mungkin sesuai dengan target pasar yang kita inginkan. Website ini berfungsi untuk memberikan informasi lebih lengkap mengenai produk yang kita pasarkan.

Pilihlah domain untuk website sesuai dengan produk yang akan kita pasarkan. Kita harus memilih tempat beli domain terpercaya pada penyedia hosting yang memiliki layanan dan reputasi bagus, untuk menghindari masalah di kemudian hari. 

Itulah tadi 5 strategi pemasaran produk makanan khas daerah yang dapat kita lakukan agar omzet dan target penjualan sesuai harapan. 

Silakan baca juga: