Keuntungan dan Kerugian Mengikuti Bimbel Online

Tabel of Content [View]

Sebelum wabah Covid-19 merebak, keberadaan bimbingan belajar offline masih banyak kita temui. Kita pun bisa memilih bimbel mana yang ingin kita ikuti. Namun berbeda keadaannya ketika pandemi Covid-19 melanda negeri Indonesia tercinta ini, banyak lembaga bimbel offline yang terdampak oleh Corona tersebut. Tidak sedikit dari lembaga-lembaga tersebut yang terpaksa harus tutup dan merumahkan semua karyawannya.

Namun bagi para siswa yang ingin mendapat pelajaran tambahan guna meningkatkan pemahaman tentang suatu materi masih tetap bisa mengikuti bimbingan belajar secara online. Bahkan dimasa pandemi seperti ini, banyak bimbel online yang bermunculan. Entah itu asalnya dari bimbel offline, atau memang dibuat khusus untuk bimbingan belajar secara online.

Keuntungan dan Kerugian Mengikuti Bimbel Online


Seperti halnya bimbingan belajar offline, kita harus selektif dalam memilih bimbel online agar mendapatkan hasil optimal seperti yang kita inginkan. Banyak orang yang masih ragu-ragu untuk mengikuti bimbingan belajar online. Hal ini terjadi karena orang masih menganggap kegiatan belajar-mengajar yang efektif harus dilaksanakan secara tatap muka. Padahal, bimbingan belajar online tidak kalah efektif, bahkan memiliki banyak keunggulan. 

Banyaknya pilihan bimbingan belajar secara online ini kadang membuat kita bingung dalam memilih mana yang paling tepat untuk kita. Ada berbagai fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh masing-masing bimbingan belajar tersebut makin membuat kita bingung dalam memilihnya. Namun, jangan khawatir, kalian bisa cari tahu di sini agar tidak ragu lagi dalam memilih bimbel yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan kalian.

Lantas mengikuti bimbel online, untung atau rugi? Untuk mengetahui hal tersebut, mari kita lihat satu persatu keuntungan maupun kerugiannya jika kita mengikuti bimbingan belajar secara online.

Keuntungan Mengikuti Bimbel Online

Waktu belajar fleksibel

Berbeda dengan bimbel offline, di bimbel online, kita bisa menentukan sendiri waktu belajar yang sesuai dengan kebutuhan. Kapan pun dan dimana pun kita mau, kita bisa mengakses pelajaran yang kita ikuti. Jadi, kita tidak akan terkekang dalam kegiatan belajar lewat bimbel  online. 

Bimbel online sangat praktis, sebab kita tidak perlu repot-repot pergi ke lokasi untuk belajar. Cukup di rumah saja, kita bisa mendapatkan ilmu tambahan dari tutor melalui gadget kesayangan kalian.

Materi pelajaran bisa diulang-ulang

Keuntungan berikutnya yang kita dapatkan bila mengikuti bimbingan belajar online adalah kita bisa mengulang-ulang video materi pembelajaran sesuka kita. Dengan demikian, kita bisa belajar dengan baik dan tepat.

Jadi, kita bisa mengulang pada bab atau bagian yang kita kurang mengerti saja, sedangkan bagian lainnya dapat kita lewati. Dengan cara ini, materi pembelajaran dapat kita pahami dengan baik.

Meningkatkan Disiplin dan Rasa Tanggung Jawab

Belajar secara online menuntut kita untuk dapat mengelola waktu. Meskipun belajar secara online, kita harus tetap disiplin dan bertanggung jawab. Dengan mengikuti bimbel online, kita akan belajar lebih disiplin dan tanggung jawab, sebab pengawasan saat belajar sepenuhnya diserahkan kepada kita. 

Lebih hemat biaya

Siswa yang mengikuti bimbingan belajar secara online, tidak perlu datang ke lokasi bimbel untuk mengikuti pelajaran. Semua materi bimbingan bisa dilakukan di rumah masing-masing bahkan bisa di mana saja. Nah, hal itu memungkinkan siswa bisa lebih hemat biaya transportasi baik itu untuk pengguna kendaraan umum maupun pribadi.

Kerugian Mengikuti Bimbel Online

Hampir tidak ada kerugian sama sekali ketika kita memilih mengikuti bimbingan belajar online. Satu-satunya kekurangan hanyalah, harus mampu menahan godaan untuk membuka aplikasi yang lain seperti sosial media saat mengikuti pembelajaran. Tanpa disiplin yang kuat, tentu saja bimbingan belajar online yang kita ikuti tidak akan optimal.

Semoga bermanfaat,