20 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia yang Penting Kamu Ketahui


Tabel of Content [View]

Tidak berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bukanlah akhir perjalanan untuk meraih kesuksesan. Masih banyak pilihan kampus swasta yang tidak kalah berkualitas dari PTN. namun, tidak dapat kita pungkiri bahwa masih banyak di kalangan masyarakat yang beranggapan bahwa PTN lebih baik daripada PTS. Padahal saat ini kualitas di PTS semakin baik dan tidak kalah dengan PTN. Selain itu, saat ini sudah banyak PTS di Indonesia menghasilkan lulusan-lulusan terbaik. Jadi pada intinya, setiap kampus memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung dari preferensi, mana yang kamu inginkan dan butuhkan.


Untuk kamu yang saat ini masih bimbang memilih antara PTN atau PTS, maka sebagai bahan pertimbangan, berikut ini adalah rangkuman nama-nama kampus swasta terbaik yang dirilis oleh Webometrics pada tahun 2021. Webometrics merupakan sistem penilaian terhadap universitas-universitas terbaik di seluruh dunia yang dilihat dari website universitas tersebut. Hingga saat ini, Webometrics telah melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22.000 universitas di seluruh dunia. So, berikut adalah nama-nama 20 universitas swasta terbaik di Indonesia versi Webometrics. Check it out!

20 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia yang Penting Kamu Ketahui


20 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

  1. Telkom University

Telkom University atau disingkat dengan Tel-U adalah perguruan tinggi swasta yang terletak di Kabupaten Bandung. Telkom University sendiri merupakan penggabungan dari empat institusi yang berada di bawah naungan lembaga penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).


  1. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau yang dikenal dengan BINUS pada awalnya berasal dari institusi pelatihan komputer yaitu Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974. Namun seiring dengan perkembangan waktu, Modern Computer Course kemudian berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981 dan secara resmi pada tanggal 8 Agustus 1996 Universitas Bina Nusantara didirikan. Hingga saat ini, Universitas Bina Nusantara memiliki beberapa fakultas yaitu diantaranya Sekolah Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Desain, Fakultas Sistem Informasi, dan Fakultas Humaniora.


  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau disingkat UMY adalah salah satu kampus swasta yang berada Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. UMY secara resmi telah memperoleh terakreditasi “Unggul” dari BAN-PT pada tahun 2021. Hingga saat ini UMY memiliki 8 fakultas dan 4 program, yaitu: Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Pendidikan Bahasa. Sedangkan untuk program pendidikan terdiri dari beberapa program yaitu diantaranya  Program Vokasi, Program Pascasarjana, Program Internasional.


  1. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma atau yang biasa disebut Gundar, adalah perguruan tinggi swasta yang berada di Kota Depok. Universitas Gunadarma didirikan pada 13 Januari 1990 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Kemudian pada tahun 1996, menurut surat edaran dirjen Dikti STIE Gunadarma bersama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma melebur menjadi Universitas Gunadarma dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra.


  1. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Universitas Ahmad Dahlan adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Yogyakarta yang didirikan pada 19 Desember 1994. Universitas Ahmad Dahlan merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. Saat ini UAD memiliki beberapa fakultas diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Sains dan Teknologi Terapan, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Kedokteran.


  1. Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro atau Udinus merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada pada tanggal 30 Agustus 2001 di Semarang. Udinus adalah  hasil penggabungan dari empat sekolah tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Dian Nuswantoro dan Yayasan Lintang Nuswantoro, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dian Nuswantoro, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dian Nuswantoro, Sekolah Tinggi Bahasa Asing Dian Nuswantoro, dan Sekolah Tinggi Kesehatan Lintang Nuswantoro. Pada awal didirikan, Udinus hanya memiliki lima fakultas. Namun, saat ini Udinus sudah mengalami banyak perkembangan dan adapun fakultas Udinus saat ini adalah Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu dan Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kesehatan dan Program Pascasarjana.


  1. Universitas Narotama

Universitas Narotama (UN) adalah perguruan tinggi swasta yang berada di Surabaya dan didirikan pada 8 Februari 1981.Saat ini UN memiliki beberapa fakultas dan program studi. Untuk program strata satu diantaranya Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer. Akan tetapi, untuk program magister saat ini hanya terdiri dari dua yaitu Magister Manajemen dan Magister Ilmu Hukum.


  1. Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia, dimana Universitas Kristen Satya Wacana ini didirikan pada 1956 atau pada 66 tahun lalu. Universitas Kristen Satya Wacana terletak di Salatiga, Jawa Tengah. Universitas Kristen Satya Wacana ini memiliki cukup banyak fakultas diantaranya Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Biologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Fakultas Teknik Elektronik dan Komputer, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Teologi, dan Fakultas Psikologi.


  1. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia atau UII adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang tertua di Indonesia karena didirikan pada tanggal 8 Juli 1945. Awalnya UII bernama Sekolah Tinggi Islam (STI), dimana pada saat itu didapuk sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta pertama yang dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Saat ini UII memiliki beberapa fakultas dan program studi, antara lain Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Industri, dan International Program.


  1. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana adalah salah kampus swasta yang terletak di Jakarta. Universitas Mercu Buana secara didirikan pada tanggal 22 Oktober 1985, di mana kampus utama atau Kampus Meruya terletak di daerah Meruya, Jakarta Barat. Pada awal berdiri, Universitas Mercu Buana hanya memiliki 3 fakultas, namun berkat kerja kerasnya, saat ini Mercu Buana memiliki beberapa fakultas yaitu diantaranya Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Desain dan Seni Kreatif.


  1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta didirikan 27 September 1965 oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Awalnya Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini merupakan cabang dari Universitas Atma Jaya Jakarta, kemudian memisahkan dan menjadi independen di bawah Yayasan Slamet Rijadi pada tanggal 31 Agustus 1973. Adapun fakultas yang ada di Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknologi Industri.


  1. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan singkatan Unpar adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Kota Bandung. Universitas Katolik Parahyangan resmi didirikan pada tanggal 17 Januari 1955, dengan nama Akademi Perniagaan yang hanya memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum. Namun saat ini, Unpar sudah berkembang pesat dan memiliki beberapa fakultas dengan berbagai jurusan, diantaranya Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Filsafat, Fakultas Teknologi Industri, serta Fakultas Teknologi Informasi dan Sains.


  1. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra adalah perguruan tinggi swasta nasional yang berada di Surabaya, Jawa Timur.. Universitas Petra didirikan pada tahun 1961 yaitu atas prakarsa dari beberapa pendiri PPPK Petra, sebuah yayasan pendidikan Kristen di Surabaya yang telah didirikan pada tahun 1951. Saat ini Universitas Kristen Petra memiliki 8 fakultas, di antaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra, Fakultas Seni Desain, Fakultas Teknologi dan Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Pascasarjana.


  1. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah perguruan tinggi yang berada di bawah persyarikatan Muhammadiyah. UMS berdiri pada tanggal 24 Oktober 1981 Secara kelembagaan, UMS berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta Cabang Surakarta yang didirikan pada tahun 1957. Saat ini UMS telah memiliki 12 pilihan fakultas dan jurusan, diantaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Geografi, Fakultas Agama Islam, serta Fakultas Komunikasi dan Informatika.


  1. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang adalah perguruan tinggi swasta yang berada dalam naungan persyarikatan Muhammadiyah. Universitas ini berdiri pada tahun 1964 dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. UMM termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia. UMM memiliki beberapa pilihan fakultas antara lain Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan.


  1. Universitas Widyatama Bandung

Universitas Widyatama adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkemuka yang berada Kota Bandung. Universitas Widyatama merupakan perguruan tinggi yang merupakan hasil penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama, dan Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual. Saat ini, Universitas Widyatama memiliki beberapa fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, Fakultas Desain Komunikasi Visual, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.


  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau Unika Atma Jaya adalah perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Unika Atma Jaya memiliki tiga lokasi yaitu Kampus satu berada di Semanggi, Jakarta Selatan, Kampus dua berada di Pluit, Jakarta Utara, dan Kampus tiga berada di BSD, Serpong. Hingga saat ini Unika Atma Jaya memiliki 8 fakultas untuk program sarjana diantaranya Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi dan Komunikasi Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Teknobiologi.


  1. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya (UBAYA) adalah universitas swasta di Surabaya.. Ubaya merupakan penerus Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966. Namanya secara resmi diganti menjadi Universitas Surabaya pada 1968. Adapun fakultas yang terdapat di Ubaya antara lain Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Kedokteran.


  1. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul (UEU) adalah perguruan tinggi swasta yang berada di Jakarta, yang didirikan pada 1993. UEU berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa. Universitas Esa Unggul atau UEU adalah satu-satunya perguruan tinggi yang merintis dan mempelopori pendirian Akademi Rekam Medik (ARM) dan Program Sarjana Terapan Fisioterapi yang pertama di Indonesia. 


  1. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan langsung oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965. Awal didirikannya Universitas Trisakti bernama Universitas Baperki yang didirikan oleh para petinggi organisasi Baperki pada tahun 1958. Saat ini Universitas Trisakti memiliki beberapa pilihan fakultas diantaranya Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain


Nah, itulah nama-nama 20 universitas swasta terbaik menurut Webometrics. Secara keseluruhan, semuanya memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi.