Mencoba Aplikasi myBCA di HP Android

Tabel of Content [View]

Selama ini, untuk melakukan transaksi perbankan, salah satunya saya menggunakan BCA Mobile. Namun setelah mencoba aplikasi myBCA di HP Android yang saya miliki, transaksi terasa jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Bagi yang belum tahu, myBCA merupakan digital platform terbaru dari BCA dimana nasabah hanya memerlukan single user ID untuk dapat mengakses seluruh informasi rekening BCA dengan menggunakan BCA ID. 

Sedangkan BCA ID merupakan user ID untuk mengakses layanan e-channel BCA, seperti myBCA dan Welma. BCA ID dapat dibuat sendiri dengan mudah.

MyBCA bisa diakses melalui aplikasi di smartphone ataupun melalui website di desktop. Untuk mengakses myBCA melalui website bisa dibuka pada alamat https://mybca.bca.co.id/. Namun ketika postingan ini saya buat, myBCA versi website masih belum tersedia.

Mencoba Aplikasi myBCA di HP Android

MyBCA versi smartphone baik Android maupun iPhone, dapat di download di Google Play Store dan Apps Store.

Untuk dapat menggunakan aplikasi myBCA, pengguna diharuskan untuk membuat BCA ID. Cara membuat BCA ID sangat mudah sekali. Anda tinggal mengunduh aplikasi myBCA, lalu buat BCA ID dengan memasukkan nomor kartu ATM BCA yang Anda miliki.

Jika ingin lebih jelas langkah-langkah cara membuat BCA ID, ANda bisa melihat video dari channel KeleKudai berikut ini:


Setelah BCA ID selesai dibuat, kita bisa menggunakan aplikasi BCA ID sebagaimana aplikasi BCA Mobile Banking yang telah kita gunakan sebelumnya.

Salah satu hal yang menyenangkan ketika transaksi menggunakan aplikasi myBCA adalah bukti transaksi tertulis lebih detail dibandingkan bila kita transaksi menggunakan aplikasi BCA mobile. 

Sebagai contoh, saat saya melakukan transfer ke rekening OVO (top up saldo OVO). Bukti transfer yang diberikan oleh aplikasi myBCA lebih detil dari pada bukti transfer yang diberikan oleh aplikasi BCA mobile. Seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Bukti Transfer di aplikasi myBCA:

Mencoba Aplikasi myBCA di HP Android


Bukti Transfer di aplikasi BCA mobile:

Mencoba Aplikasi myBCA di HP Android

Dan satu hal lagi yang saya suka dari aplikasi myBCA ini. Kita dapat mencetak rekening koran atau mutasi rekening hingga 5 tahun yang lalu.

Cara Cetak Rekening Koran BCA dari Aplikasi myBCA

  • Buka aplikasi myBCA, lalu klik e-Statement

Cara Cetak Rekening Koran BCA

  • Pilih periode yang akan dicetak. Dalam contoh ini, saya memilih periode bulan Mei 2021. Klik tampilkan untuk melihat mutasi rekening pada bulan tersebut.
Cara Cetak Rekening Koran BCA

  • Tampilan mutasi rekening akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini. Dalam contoh ini, mutasi rekening untuk bulan Mei 2021 sebanyak 5 halaman.
Cara Cetak Rekening Koran BCA


Itulah tadi beberapa beberapa hal yang saya suka ketika mencoba aplikasi myBCA di HP Android. Tentu saja tidak hanya itu, karena masih banyak lagi hal-hal lain yang membuat transaksi jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Silakan baca juga: