Tak Hanya Nama, Ternyata Inilah 4 Hal yang Membedakan Bank Konvensional dan Syariah


Biaya setoran haji setiap tahunnya semakin lama semakin mahal, jika dibandingkan dengan tahun-tahun lalu, itulah mengapa banyak orang yang kemudian harus menabung cukup lama terlebih dahulu supaya bisa berangkat ibadah ke tanah suci.

Pastikan juga untuk memilih produk tabungan terbaik untuk menyimpan uang Anda tersebut. Apalagi di Indonesia sendiri juga ada banyak sekali perbankan yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk menabung, mulai diantaranya adalah bank konvensional sampai dengan lembaga keuangan syariah.

Lalu sebenarnya apa saja yang membedakan antara bank syariah dan konvensional? Berikut ini yang hendaknya diketahui, sehingga tidak salah pilih.

4 Hal yang Membedakan Bank Konvensional dan Syariah

4 Hal yang Membedakan Bank Konvensional dan Syariah

  • Fungsinya, dalam menjalankan kegiatannya, maka untuk bank konvensional ini berfungsi di dalam menyediakan jasa keuangan dan juga sebagai perantara atau intermediasi. Namun khusus untuk bank syariah sendiri selain sebagai intermediasi, maka ia juga berperan sebagai investor dan penyedia layanan keuangan.
  • Prinsip dasar, bank konvensional sendiri memiliki prinsip terhadap bebas nilai dan juga menganggap uang sebagai komoditas sehingga nantinya dapat diperjualbelikan. Kebalikan dari bak syariah yang mengatakan tidak ada pembebasan nilai dan menggunakan uang hanya sebagai alat tukar. Bank konvensional pada dasarnya juga berorientasi pada keuntungan sehingga menerapkan adanya bunga, berbeda dengan bank syariah.
  • Resiko usaha, pada bank syariah mereka menerapkan prinsip ‘ringan sama dijinjing, berat sama dipikul’ jadi jika seandainya ada resiko kerugian maka akan ditanggung bersama-sama, kebalikan dari bank syariah, dimana jika ada resiko kerugian tentunya hanya ditanggung nasabahnya saja.
  • Struktur pengawas, pada dasarnya bank konvensional maupun syariah memang memiliki struktur pengawas yang kompleks, namun di bank syariah ini sendiri jauh lebih kompleks. Apalagi disertai dengan adanya dewan komisaris syariah, hingga dewan syariah nasional juga ada.

Setidaknya itulah beberapa perbedaan mendasar antara bank konvensional dan syariah, sehingga tidak sampai salah memilih dimana akan bertransaksi nantinya. Carilah bank syariah terpercaya.  Percayakan pada Bank Bukopin Syariah, banyak pilihan produk multiguna syariah yang ditawarkan, begitu juga dengan tabungannya.