Harga Mazda CX 9 Masih Di Atas SUV Jepang Lainnya

Tabel of Content [View]
Mazda CX 9 baru yang resmi diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Bermain di segmen medium Sport Utility Vehicle (SUV), Mazda yakin tidak ada pesaing langsung dari All New CX-9, terutama yang sama-sama dari merek Jepang.

Ada pesaing dari merek Eropa, namun harga Mazda CX 9 yang ditawarkan di atas Rp1 miliar. Sementara Mazda All New CX-9, yang juga menyasar konsumen premium, hanya dijual seharga Rp798,8 juta on the road di Jakarta.

"Jika kita melihat ini (Mazda All New CX-9) memang merupakan mobil premium atas seperti merek Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Memang, kami sengaja memposisikan di atas karena masih ada celah (gap kosong) antara segmen dengan harga Rp500-600 juta dengan SUV mewah. Seperti Lexus yang harganya di atas Rp1 miliar, "kata Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI.

Dia menjelaskan, karena ada celah kosong antara SUV yang dibandrol antara Rp. 600 hingga Rp. 1 Milyar. Maka ia memberanikan diri untuk memasarkan sebuah SUV dengan harga hampir Rp800 juta. Selain itu, tambahnya, harga Mazda CX 9 bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang ingin membeli SUV premium, tetapi harganya tidak sampai Rp1 miliar.

Mazda CX 9


"Untuk menjembatani segmen yang masih kosong, mungkin ada sekitar tujuh penggemar SUV seater yang belum mampu naik kelas di atas Rp1 miliar. Nah kami sediakan di tengah dulu. Dari segi harga, Mazda All New CX 9 mungkin tidak memiliki pesaing, karena itu di tengah. Jika itu dari Eropa, semuanya lebih dari Rp1 miliar. Jika saya tidak salah, rata-rata hanya ada dua baris kursi, "tambah Roy.

Roy tidak menampik jika perusahaan juga menargetkan pelanggan yang sebelumnya menggunakan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport untuk beralih ke Mazda All New CX 9 untuk naik kelas.
"Intinya adalah Anda ingin naik kelas (bagi konsumen Fortuner atau Pajero Sport) berada di tengah-tengah harga," kata Roy.

Harga Mazda CX 9 Terbaru Selaras dengan Target Jualan

Tanpa pesaing langsung, EMI pasti akan berhasil menjual Mazda All New CX-9. Sepanjang tahun ini EMI telah menetapkan target penjualan yang cukup tinggi untuk kisaran harga Mazda CX 9 terbaru itu.

"Dari segi target penjualan kami tahun 2019 ini, ditargetkan sekitar 700 unit untuk Mazda CX-9," pungkasnya.

Sumber tenaga mobil berasal dari mesin bensin Sky active-G dengan kapasitas 2.5 L empat silinder DOHC 16V dengan turbocharged. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 228 hp pada 5.000 rpm dan torsi puncak 420 Nm pada 2.000 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan. Dengan berat kendaraan sekitar 2.505 kilogram, Mazda All New CX-9 mampu mengemudi dalam keadaan macet hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 8,2 detik. Sedangkan top speed 210 km / jam.

Ada empat pilihan warna untuk Mazda All New CX-9, seperti Soul Red Crystal Metallic, Grey Metallic Machine. Ada juga Snowflake White Pearl Mica, dan Jet Black Mica. Khusus untuk warna andalan Mazda yaitu Soul Red Crystal Metallic, dan Machine Grey Metallic, perusahaan mengenakan harga tambahan. Itu sekitar Rp. 4 juta.