IpeNtrJ0R1Tm71aVH3Vg6NXS2EFoQMcM3AIjiUck
Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

Iklan Billboard 970x250

Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

Ini adalah pengalaman kali pertama saya membuat iklan di Google Ads. Dan ternyata sangat mudah sekali. Hanya beberapa klik saja, maka iklan pun siap tayang. Pengalaman itulah yang saya jadikan bahan postingan yang berjudul Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google ini.

Syarat pertama untuk bisa memasang iklan di Google adalah Anda telah memiliki akun Google Ads atau lebih dikenal dengan nama Google Adwords.

Jika Anda belum memiliki akun Google Ads, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu, agar bisa menayangkan iklan di mesin pencari raksasa bernama Google ini.

Untuk mendaftar, silakan kunjungi halaman https://adwords.google.com. Pastikan Anda memiliki akun Gmail sebelum membuat akun Google Adwords, agar proses mendaftar berjalan lancar.

Untuk diketahui, bahwa pemasangan iklan melalui Google Ads tidak dikenai biaya. Pembayaran hanya ditarik jika ada yang mengklik iklan Anda, menonton video Anda di YouTube, atau menghubungi bisnis Anda.

Penetapan anggaran, Anda yang memutuskannya. Ada bisnis yang mempunyai anggaran ratusan juta rupiah per bulan, dan ada pula yang sudah cukup dengan anggaran kurang dari satu juta rupiah per bulan.

Anggaran dan biaya iklan bisa diatur sendiri sesuai keinginan Anda. Jadi, Anda bisa beriklan sesuai kebutuhan.

Yang menyenangkan beriklan di Google adalah, kita bisa memulai dan berhenti menayangkan iklan kapanpun kita mau. Hasil iklan pun dapat dipantau secara real time, seperti jumlah kunjungan website, angka penjualan online, maupun berapa banyak orang yang menelepon bisnis kita.

Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google


Baiklah, kita lanjutkan saja ke langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat iklan di Google Adwords

Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

  • Buka laman https://adwords.google.com/express/, lalu klik tombol Buat Iklan
Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

  • Langkah pertama adalah menentukan apa sasaran utama iklan Anda. Dalam contoh ini, saya memilih sasaran utama iklan yang saya buat adalah Mendapatkan lebih banyak panggilan. Setelah itu, klik tombol Berikutnya
Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

  • Setelah menentukan sasaran utama iklan, selanjutnya adalah menentukan di mana lokasi pelanggan Anda. Penentuan lokasi pelanggan ini sangat penting agar iklan Anda tepat sasaran. Dalam contoh ini, target pelanggan yang saya bidik adalah kota Cilegon dan sekitarnya. Jika lokasi calon pelanggan Anda sudah Anda tentukan, lalu klik tombol Berikutnya
Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

  • Hal penting lainnya adalah menentukan produk atau layanan Anda. Pada langkah ini, akan ada pilihan yang disediakan oleh Google Adwords perihal kategori bisnis Anda. Pilih salah satu kategori bisnis Anda. Jika tidak ada maka Anda bisa menuliskannya secara manual. Pada contoh ini, pilihan kategori bisnis yang disediakan oleh Google Adwords sesuai dengan yang ingin saya iklankan, yaitu Jasa Sewa Crane. Jangan lupa untuk menekan tombol Berikutnya untuk melanjutkan.
Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

  • Pada langkah ini, Anda akan mendesain atau menuliskan iklan Anda. Terdapat 2 buah judul dan 1 deskripsi yang harus Anda isi. Masing-masing judul panjangnya 30 karakter. Sedangkan panjang deskripsi yang diizinkan adalah 90 karakter. Jadi manfaatkan space yang diberikan untuk menulis iklan se-menarik mungkin. Klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan
Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

  • Karena pada langkah di awal dalam contoh ini memilih sasaran iklan "dapatkan lebih banyak panggilan", maka pada langkah ini, Anda harus memasukkan nomor telepon bisnis Anda. Setelah itu, tekan tombol Berikutnya
Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

  • Langkah terakhir, saatnya menetapkan anggaran untuk iklan Anda. Pilih salah satu anggaran yang disediakan oleh Google Ads,seperti dijunjukkan oleh gambar di bawah ini. Jika Anda tidak setuju dengan pilihan tersebut, Anda bisa membuat sendiri dengan meng-klik Anggaran Kustom. Setelah selesai, silakan klik tombol Berikutnya
Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

  • Sebelum iklan ditayangkan, tinjau setelan kampanye Anda. Pada bagian ini, Anda bisa mengubah data-data yang telah Anda masukkan sebelumnya, sehingga Anda bisa mendapatkan iklan yang optimal nantinya.
Cara Membuat dan Memasang Iklan di Google

Selesai sudah pembuatan iklan di akun Google Adwords Anda. Untuk melihat apakah iklan yang Anda buat tampil di mesin pencarian misalnya, maka tunggu beberapa jam kemudian. 

Setelah beberapa jam, seharusnya iklan yang Anda buat tadi tampil saat Anda mengujinya dengan menuliskan kata kunci pada mesin pencari Google.
Pada contoh dalam postingan ini, kata kunci yang saya pilih salah satunya adalah rental crane. Kemudian saya coba tuliskan di mesin pencari Google. Dan hasilnya, iklan tersebut muncul, berada paling atas, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini:



Itulah tadi cara membuat dan memasang iklan di Google yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat

Silakan baca juga:
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post