Apa Yang Berubah dari Domain Authority 2.0 yang Baru Dirilis Bulan ini?


Beberapa hari terakhir ini, banyak para blogger dikejutkan oleh turunnya skor DA pada blog mereka, tidak terkecuali blog  ini. Semula, mustafazain.com memiliki DA 25, namun setelah peluncuran Domain Authority versi 2.0, skor DA nya turun menjadi 11. Turun drastis. Lantas apa yang berubah dari Domain Authority 2.0 yang baru diluncurkan ini?

Untuk diketahui, Domain Authority atau DA baru diluncurkan pekan ini, itulah sebabnya update skor DA kali ini agak berbeda. Biasanya, kenaikan atau penurunan DA tidak se-drastis update pada bulan Maret 2019 ini.

Karena penasaran, saya mengunjungi website Moz.com si pemilik standar penilaian Domain Authority dan Page Authority ini. Saya pun akhirnya mendapatkan jawaban. Ternyata banyak yang berubah pada DA verisi 2.0 yang baru saja dirilis ini.

Berikut saya kutip beberapa penjelasan yang diberikan oleh Russ Jones, seorang search scientist di Moz. Penjelasan yang ia berikan perihal DA baru dan apa saja yang berubah, terangkum berikut ini.


Apa itu Domain Authority?

Domain Authority adalah skor peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa besar kemungkinan peringkat suatu situs web pada halaman hasil pencarian (SERP). Skor DA berkisar dari 1 hingga 100.

DA dihitung dengan mengevaluasi tautan atau link domain root, jumlah total tautan, spam skor, dan metrik lainnya, digabung menjadi satu skor.

Apa Yang Berubah dari Domain Authority 2.0 yang Baru Dirilis Bulan ini?

Apa Dampak Terbesar pada DA Setelah Skor Baru Dirilis?

Dalam jangka pendek, skor Domain Authority, pada umumnya akan turun sekitar 7 persen. Penurunan ini mencerminkan pemusatan kembali Domain Authority.

Dalam jangka panjang, pemasar akan melihat bahwa skor Otoritas Domain akan menyesuaikan dan memperbaiki diri mereka lebih cepat. Ini berkat basis data tautan yang disempurnakan yang diperbarui jauh lebih sering dari pada indeks versi lama.

Beberapa perusahaan telah menyalahgunakan DA dengan jual beli Back Link. Bagaimana rilis baru mengatasi masalah ini?

Melalui indeks tautan, deteksi spam, dan model yang dipelajari dengan mesin, Moz dapat mengidentifikasi manipulasi tautan dan mendevaluasi skor DA dengan cara yang mirip dengan cara Google dan Bing mendevaluasi backlink buruk. Model kami tidak secara khusus menargetkan jenis skema tertentu, melainkan mengidentifikasi pola manipulasi tautan yang tidak menghasilkan peningkatan peringkat dan mendevaluasi mereka.


Itulah tadi beberapa penjelasan tentang Domain Authority versi 2.0 yang baru diluncurkan bulan Maret 2019 ini.

Jadi, tidak usah risau jika DA blog Anda mengalami penurunan skor. Dalam beberapa waktu kedepan, jika blog Anda memiliki reputasi baik tentu nilai DA akan naik kembali