Cara Memperbaiki Email Notifikasi pada Komentar Blogspot

Tabel of Content [View]
Biasanya, ketika ada komentar baru pada blog mustafazain.com ini, selalu ada email notifikasi yang masuk ke inbox saya. Namun beberapa bulan terakhir, saya tidak pernah mendapatkan email notifikasi bila ada komentar baru. Akibatnya, banyak komentar yang numpuk dan menunggu moderasi. Jika teman-teman ada yang mengalami hal seperti di atas, ikuti cara memperbaiki email notifikasi pada komentar Blogspot berikut ini.

Tidak tahu persis, apa penyebab berhentinya email pemberitahuan pada komentar baru di blog mustafazain.com ini. Seingat saya, hal itu terjadi sejak blog ini ganti template baru.

Email notifikasi pada komentar blogspot ini hanya aktif bila Anda mengaktifkan moderasi pada komentar blog Anda.

Tujuan utama mengaktifkan moderasi pada komentar blog adalah untuk menyaring komentar. Sehingga kita bisa memilih hanya komentar yang relevan saja akan ditampilkan di blog kita. Sedangkan komentar yang berisi spam dan tidak ada hubungan dengan postingan tidak akan ditampilkan.

Bagi blogger yang hosting di blogspot atau blogger.com, penyaringan pada komentar yang masuk harus dilakukan secara manual. Berbeda dengan blog Wordpress, penyaringan atau filter dapat dilakukan dengan bantuan plugin, salah satunya adalah plugin yang bernama Akismet.

Mengaktifkan moderasi komentar atau tidak, semua tergantung pada Anda, Jika Anda tidak ingin disibukkan dengan melakukan moderasi komentar satu persatu, sebaiknya moderasi di-nonaktif-kan. Namun resiko nya akan banyak komentar spam pada blog Anda.

Cara Memperbaiki Email Notifikasi pada Komentar Blogspot

Baiklah, kita lanjutkan. Sebenarnya untuk memperbaiki atau mengaktifkan kembali email notifikasi pada komentar blogspot sangat mudah. Cukup subscribe kembali dengan email lama atau email yang baru, maka keadaan akan normal seperti semula.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara Memperbaiki Email Notifikasi pada Komentar Blogspot

  • Masuk ke dashboard blog Anda
  • Klik Setelan >> Postingan, komentar, dan berbagi
  • Tuliskan email Anda pada Kirim email permintaan moderasi ke, lalu tekan Simpan setelah

  • Selanjutnya, buka inbox email Anda, lalu klik Subscribe pada email yang dikirimkan oleh Blogger tersebut

  • Setelah itu pada layar PC Anda akan muncul


Demikianlah, cara memperbaiki email notifikasi pada komentar blogspot yang bermasalah. Semoga ada manfaatnya.