Cara Mengatasi Gagal Install Corel Draw X8

Tabel of Content [View]
Akhirnya saya tertarik juga untuk belajar graphic vector menggunakan aplikasi Corel Draw. Untuk memulainya, tentu saja saya harus menginstal aplikasi Corel Draw. Namun sayangnya, Corel Draw selalu menolak ketika saya install di laptop saya, dengan pesan saya harus uninstall versi lama terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi, padahal sama sekali saya belum pernah menginstallnya. Setelah melakukan try & error, akhirnya saya menemukan cara mengatasi gagal install Corel Draw X8 pada laptop saya.

Sebenarnya, saya masih sangat awam sekali dengan software pengolah graphic vector yang satu ini. Namun setelah melihat tutorialnya di youtube, saya jadi sangat tertarik sekali untuk mencobanya.

Setelah sofware Corel Draw Graphic Suite X8 saya dapatkan, langsung saya instal pada laptop yang sehari-hari saya gunakan untuk kegiatan blogging. Tapi anehnya kok sofware ini menolak untuk di pasang di laptop kesayangan saya ini, dan menyuruh saya untuk uninstall sofware versi lama sebelum menginstal versi yang terbaru.

Tentu saja hal itu membuat saya heran, sebab sejak komputer ini saya beli, saya belum pernah menginstal aplikasi Corel Draw versi apapun. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya saya menemukan jawabannya mengapa Corel Draw meolak untuk di Install.

Cara Mengatasi Gagal Install Corel Draw X8

Cara Mengatasi Gagal Install Corel Draw X8

Sebelum kita lanjutkan, saya akan tunjukkan pesan yang saya dapat ketika Corel Draw X8 Gagal saya install. Pesan yang tertulis adalah "You cannot install this product becouse another version ai already installed. To install this product you must first uninstall existing version"  seperti terlihat pada gambar berikut ini

Cara Mengatasi Gagal Install Corel Draw X8
Installation was not completed
Jika Anda mengalami hal serupa seperti ini saat menginstall Corel Draw, cara mengatasinya sangat sederhana sekali, cukup uninstall Microsoft Visual C++ 20xx Redistributable yang telah terinstall  pada PC atau laptop Anda.

Terlihat dari gambar dibawah ini bahwa banyak sekali versi Microsoft Visual C++ yang telah terinstall pada laptop saya. Tidak usah di uninstall seluruhnya, cukup uninstall versi tertingginya saja. 

Cara Mengatasi Gagal Install Corel Draw X8
Microsoft Visual C++ 20xx Redistributable
Dalam contoh ini, yang saya uninstall adalah Microsoft Visual C++ 2017 Redistributable. Uninstall keduanya, baik yang versi x64 maupun yang versi x86

Cara Mengatasi Gagal Install Corel Draw X8
Uninstall Microsoft Visual C++ 2017 Redistributable
Setelah Microsoft Visual C++ 2017 Redistributable saya uninstall, maka saya pun mencoba meng-install kembali Corel Draw Graphic Suite X8. Alhamdulillah, semua proses lancar hingga selesai.

Begitulah cara mengatasi gagal install Corel Draw X8 yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca: