Produk Samsung vs Asus Mana yang Lebih Bagus


Berbicara soal tren smartphone Android di Indonesia, sepertinya didominasi dengan dua brand besar yaitu Samsung dan Asus. Kedua produsen asal Korea dan China ini memiliki penggemar yang cukup luas, khususnya di tanah air. Tentu saja faktor harga menjadi alasan dibalik popularitas tersebut.

Tak dapat dipungkiri, Samsung dan Asus menawarkan produk dengan harga yang lebih bersahabat  jika dibandingkan dengan rivalnya, serta  kualitas yang  tak perlu diragukan lagi. Jika kita membandingkan kedua brand tersebut, kira-kira  siapa sih yang lebih unggul?

Yuk, simak ulasan berikut.

Produk Samsung vs Asus Mana yang Lebih Bagus
Samsung vs Asus

Samsung

Berdiri sejak tahun 1938, Samsung terbilang sukses mempertahankan eksistensinya selama puluhan tahun. Jenjang waktu inilah juga yang menjadi alasan Samsung memiliki banyak penggemar fanatik yang tidak ragu membeli produknya. Padahal harga yang dipasarkan sering kali jauh lebih mahal, dengan spesifikasi tidak jauh beda dengan smartphone keluaran China seperti Asus.

Meski begitu, beberapa produk Samsung yang dijual dengan harga cukup mahal tentu memiliki alasannya tersendiri. Salah satunya adalah inovasi Signal Max yang hanya ada di smartphone Samsung saja! Fitur ini terpasang pada hampir semua seri smartphone Samsung seperti Galaxy A5, A7, J5, dan J7. Signal Max terdiri dari dua antena, di mana satu antena digunakan sebagai penerima sinyal utama dan antena lainnya berfungsi sebagai penerima sinyal sekunder. Dengan fitur Signal Max Anda bisa menikmati sinyal atau data smartphone lebih stabil dan cepat.

Tidak hanya itu saja, Samsung juga dibekali dengan fitur Bixby atau virtual assistant. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu melakukan setting reminder, mencari foto di galeri, dan aktivitas melalui smartphone lainnya dengan super cepat. Namun, berbeda dari kebanyakan telepon pintar pada umumnya, Bixby dapat diakses dengan tombol khusus, di mana Anda bisa menekan tombol tersebut dan memberikan perintah dengan sangat mudah.

Terlepas dari segala keunggulannya, Samsung umumnya dipasarkan dengan harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan smartphone Cina. Namun dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati desain dan spesifikasi smartphone yang mumpuni. Tak heran jika Samsung Indonesia terus berjaya dari waktu ke waktu.

Asus

Berbeda dengan Samsung, Asus tergolong masih cukup baru dalam industri smartphone. Didirikan oleh Jerry Shen pada tahun 1989 di Taipei, Tiongkok,  Asus sudah mampu bersaing dengan produsen-produsen gadget besar baik dari Korea maupun Cina. Bahkan, pengguna smartphone Asus di Indonesia pun terhitung cukup banyak dan mampu menyaingi Samsung. Lalu, apa sih yang menjadi daya tarik Asus? Tak dapat dipungkiri, faktor harga menjadi alasan utama dibalik kesuksesan Asus saat ini. Hal inilah juga yang membuat Asus tergolong sebagai mid-range price smartphone.

Namun, yang menjadi alasan Asus spesial di mata para konsumen ada pada kualitas smartphone-nya. Bayangkan saja, dengan kisaran harga Rp 3 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan produk berkualitas. Selain itu, smartphone berbasis Android ini juga menyediakan product range cukup lengkap yaitu layar 4, 5, dan 6 inci dengan harga terjangkau. Bahkan menurut beberapa review, Asus ZenFone 5 ditenagai dengan spesifikasi yang lebih unggul jika dibandingkan Samsung Galaxy Grand 2. Padahal Asus ZenFone 5 dijual dengan harga hanya separuh dari harga seri Samsung Galaxy Grand 2. Menariknya lagi, meski Asus merupakan perusahaan berbasis di Cina, namun kantor Asus Indonesia bisa Anda temukan di banyak tempat, lho!

Nah, meski kebanyakan smartphone Asus dijual dengan harga sangat murah, namun beberapa ponsel Asus memiliki kinerja cukup lemot. Salah satunya adalah masalah koneksi jaringan yang jauh di bawah Samsung. 

Jadi, dari perbandingan di atas Anda lebih tertarik dengan Samsung atau Asus?

Semoga membantu..