Cara Mudah Menemukan Perangkat Android Yang Hilang

Hampir semua pengguna Android tentu pernah merasakan kehilangan perangkat yang dimilikinya, paling tidak kehilangan karena lupa menaruhnya.

Yang namanya kehilangan, tetap saja membuat tidak nyaman dan kesal, meskipun karena kita lupa menaruhnya  ketika di kantor atau di rumah. Apalagi jika kehilangan karena dicuri atau jatuh di tempat keramaian.

Saat kita mencari smartphone yang terselip atau lupa menaruhnya, biasanya kita  memanggil atau miss call, berharap terdengar dering atau getaran vibratornya. 

Tapi bagaimana jadinya ketika perangkat yang hilang tersebut dalam keadaan silent mode? Tentu saja panggilan atau miss call yang kita lakukan tidak akan membantu.

Lantas, adakah cara untuk menemukan perangkat Android yang hilang atau tersembunyi tersebut?

Salah satu cara mudah menemukan perangkat Android yang hilang atau tersembunyi adalah dengan menggunakan Find My Device atau Temukan Perangkat Saya dari Google.

Sebelum kita lanjut bagaimana cara menggunakannya Find My Device ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja syarat yang harus dipenuhi agar kita bisa melacak dan menemukan perangkat Android yang hilang tersebut.


Cara Muda Menemukan Perangkat Android Yang Hilang


Syarat Menggunakan aplikasi Find My Device 

Untuk menggunakan Find My Device ini, pada perangkat yang hilang harus:
  • Aktif
  • Login ke Akun Google
  • Terhubung ke data seluler atau Wi-Fi
  • Terlihat di Google Play
  • GPS aktif, bila ingin mendapatkan lokasi perangkat lebih akurat pada Maps
Jika Anda hanya ingin mencari perangkat yang hilang dalam suatu ruangan karena lupa menaruh atau terselip di sofa atau tempat tidur misalnya, maka tanpa GPS aktif pun kita tetap bisa menderingkannya, meskipun ponsel dalam keadaan silent mode atau mode diam


Cara Menggunakan Find My Device

Ada dua cara dalam menggunakan Find My Device atau Temukan Perangkat saya ini. Yaitu melalui Web Browser di PC atau menggunakan aplikasi Find My Device pada perangkat Android.

Cara Menggunakan Find My Device Pada PC

  • Buka android.com/find, lalu login menggunakan Akun Google yang  digunakan oleh perangkat yang hilang
  • Setelah itu maka akan terlihat di peta lokasi perangkat yang sedang Anda cari
Cara Menggunakan Find My Device Pada PC

  • Jika Anda hanya ingin menderingkan perangkat Android yang sedang Anda cari, misalnya dalam suatu ruangan, maka pilih dan klik PUTAR SUARA. Setelah Anda klik, beberapa detik kemudian perangkat yang sedang Anda cari akan berdering dengan suara yang cukup kuat meskipun perangkat pada mode diam atau silent mode.


Cara Menggunakan Find My Device Pada PC

  • Perangkat akan terus berdering hingga 5 menit jika Anda tidak menghentikannya
  • Bila perangkat telah ditemukan, tekan tombol Power untuk menghentikan deringnya. Atau anda bisa menghentikan dering dengan menekan tombol berhenti berdering pada browser Find My Device.
  • Ketika perangkat telah Anda deringkan, namun tidak juga Anda temukan, ada kemungkinan perangkat telah dicuri atau tertinggal di suatu tempat. Maka, lakukan langkah selanjutnya untuk melindungi data-data penting dalam perangkat Anda.

Cara Menggunakan Find My Device Pada PC

  • Bila perangkat tidak juga ditemukan, maka langkah selanjutnya adalah mengunci perangkat agar data peting didalamnya tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak berhak. Tetapi jika perangkat Anda telah memiliki password atau pola untuk menguncinya, maka tampilkan pesan dan tulis nomor telepon yang bisa dihubungi pada perangkat yang hilang tersebut, dengan tujuan ada yang berhati baik mau mengembalikan perangkat yang sedang Anda cari itu.
  • Pilih KUNCI, untuk menambahkan password atau menampilkan pesan pada perangkat yang hilang.
  • Setelah itu tulis pesan yang ingin di tampilkan, misalnya "Mohon bantuannya menghubungi nomor di bawah ini" Jangan lupa masukkan juga nomor telepon yang dapat dihubungi, lalu tekan KUNCI

Cara Menggunakan Find My Device Pada PC

  • Setelah Anda tekan tombol KUNCI, maka pada perangkat yang hilang akan menampilkan pesan yang telah Anda tulis sebelumnya, seperti gambar di bawah ini

Cara Menggunakan Find My Device Pada PC

  • Jika Anda telah melakukan mengunci dan mengirim pesan, namun tidak juga ada seseorang yang menghubungi Anda, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan untuk melindungi akun dan data-data penting agar tidak disalahgunakan. Atau untuk mencegah seseorang mengambil alih akun Anda dengan cara mengganti password dan data pemulihan, maka Anda harus melakukan penghapusan data secara permanen.
  • Untuk melakukan penghapusan data maka pilih klik menu HAPUS. Ingat, setelah Anda menekan tombol HAPUS, maka Anda tidak bisa membatalkannya, meskipun perangkat sedang tidak aktif. Penghapusan tetap dilakukan oleh sistem ketika perangkap aktif kembali

Cara Mudah Menemukan Perangkat Android Yang Hilang

  • Proses penghapusan data di atas, prosesnya sama seperti ketika Anda melakukan factory reset. Artinya bahwa perangkat smartphone, tablet atau smart watch Anda yang telah hilang itu akan dikembalikan ke setelan pabrik. Jadi seperti saat pertama kali Anda membelinya. Tetapi data-data lain yang tersimpan di dalam SD Card atau memory external masih tetap utuh seperti semula.
Itulah langkah-langkah cara menggunakan Find My Device pada PC untuk menemukan perangkat Android yang hilang. Berikutnya adalah cara menggunakan Find My Device pada smartphone Android.

Cara Menggunakan Find My Device Pada Android

  • Install aplikasi Find My Device atau Cari Perangkat Saya dari Google Play Store
  • Buka aplikasi Fine My Device, lalu login menggunakan Akun Google yang  digunakan oleh perangkat yang hilang.
Cara Menggunakan Find My Device Pada Android

  • Jika Anda menggunakan perangkat yang bukan milik Anda, sebaiknya pilih SIGN IN AS GUEST, agar privasi Anda tetap terjaga.
  • Setelah Anda login, maka aplikasi mencoba menghubungi perangkat yang hilang, lalu akan menunjukkan lokasi dimana perangkat berada.
  • Selanjutnya, pilih tindakan yang akan Anda lakukan. Jika Anda hanya ingin menderingkannya, maka pilih PLAY SOUND. Jika ingin mengunci atau menghapus data yang ada pada perangkat, silakan pilih LOCK atau ERASE.
Cara Menggunakan Find My Device Pada Android

  • Sebaiknya jangan langsung memilih ERASE, siapa tahu HP Anda hanya terselip di suatu tempat saja. Sebaiknya, pilih LOCK, kemudian tulis pesan dan berikan nomor telepon yang bisa dihubungi, lalu akhiri dengan menekan LOCK. 
Cara Menggunakan Find My Device Pada Android

  • Setelah Anda melakukan hal di atas maka pada perangkat yang hilang akan menampilkan pesan Anda, seperti gambar berikut

Cara Menggunakan Find My Device Pada Android

  • Setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas, namun tidak ada juga yang menghubungi Anda. Maka langkah terakhir adalah lakukan penghapusan data pada perangkat yang hilang itu agar semua data penting Anda tidak disalahgunakan

Cara Menggunakan Find My Device Pada Android


  • Itulah langkah terakhir yang bisa Anda lakukan. Meskipun HP Anda tidak kembali, paling tidak data-data Anda tidak di salahgunakan.
  • Berikutnya adalah meminta bantuan pada operator untuk memblokir nomor HP yang hilang itu, lalu meminta gantinya.

Demikianlah langkah-demi langkah cara menemukan perangkat Android yang hilang. Semoga tulisan ini ada manfaatnya.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel