Cara Root dan UnRoot Xiaomi Redmi 1s MIUI 8 V8.1.2.0


Setelah lama di tunggu, akhirnya Xiaomi merilis ROM Global Stable, MIUI 8 versi 8.1.2.0 untuk Redmi 1S. Seperti biasanya, setelah update di instal, akses root pun hilang. Untuk mengembalikan akses root Xiaomi Redmi 1s MIUI 8 kita harus menginstal kembali nativeroot. Tentu saja yang sesuai dengan versi MIUI yang telah terinstal di Android kita.

Cara Root dan UnRoot Xiaomi Redmi 1s MIUI 8 V8.1.2.0

Bagi yang belum update ke MIUI 8 v8.1.2.0 silakan kunjungi en.miui.com. Atau klik link di bawah ini untuk mendownloadnya. Saran saya, jika Anda telah menginstal TWRP sebaiknya instal update MIUI 8 versi terbaru ini dari TWRP saja. Karena jika update dan instal MIUI melalui OTA biasanya akan kembali ke Stock Recovery.



Saat membuat tutorial ini, ROM MIUI 8 v8.1.2.0 saya download dan filenya saya letakkan di sdcard. Setelah download selesai, perangkat saya matikan. Kemudian saya hidupkan kembali untuk masuk ke Recovery Mode "TWRP" dengan cara menekan secara bersamaan tombol Power+Volume Up. Lalu saya instal ROM MIUI 8 yang telah saya download sebelumnya. Dengan cara ini saya tetap memiliki TWRP di Redmi 1s kesayangan saya ini.
Instal MIUI 8 v8.1.2.0 via TWRP
Setelah instal ROM selesai, sebaiknya langsung instal nativeroot sebelum restart. Agar ketika masuk ke system perangkat telah mempunyai akses root. Jika tidak, maka MIUI 8 yang baru saja kita instal tidak mempunyai akses root. Untuk mengetahuinya kita bisa lihat dengan cara menekan Keamanan lalu pilih Perizinan. Jika tidak mempunyai akses root maka akan seperti gambar di bawah ini.
akses Root pada Xiaomi Redmi 1s MIUI 8 V8.1.2.0

Yang sudah instal atau update MIUI 8 melalui OTA dan belum mempunyai akses root, melalui tutorial berikut ini akan saya tunjukkan cara root maupun unroot Xiaomi Redmi 1s MIUI 8 V8.1.2.0. Dalam contoh ini saya menggunakan TWRP. Jika Anda masih menggunakan Stock Recovery, dapat di sesuikan urutannya.

Sebelum melakukan Root:

  • Pastikan device Anda menggunakan ROM MIUI 8 Global Stable v8.1.2.0 KHCMIDI
  • Baterai setidaknya 60% atau lebih.

Bahan untuk Root dan UnRoot:




Cara Root Xiaomi Redmi 1s MIUI 8 V8.1.2.0

  1. Masuk ke Recovery Mode atau TWRP
  2. Pilih Updater lalu pilih ROOTNATIVE_MIUI-8_V8.1.2.0_HM1S.zip. Jika cara ini gagal, coba mengubah nama file menjadi update.zip dan tempatkan di memori internal. Jika menggunakan TWRP ikuti petunjuk gambar di bawah ini.
    Instal nativeroot Redmi 1s MIUI 8 V8.1.2.0 via TWRP
  3. Tunggu sampai proses selesai
    Proses instal nativeroot Redmi 1s MIUI 8 V8.1.2.0 via TWRP
  4. Setelah selesai, lalu restart perangkat Anda.

  5. Untuk mengetahui apakah kita telah sukses pada saat menginstal nativeroot, maka buka Security > Permissions atau Keamanan > Perizinan. Jika akses root telah terinstalk dengan benar maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Sukses Root Xiaomi Redmi 1s MIUI 8 V8.1.2.0

Cara UnRoot Xiaomi Redmi 1s MIUI 8 V8.1.2.0

Untuk proses unroot, sama seperti langkah 1-5 di atas, namun yang kita instal adalan file UNROOTNATIVE MIUI8 V8.1.2.0 KHCMIDI


Thanks to Arvanasoft