Cara Mudah Memproteksi Flashdisk





Pernahkah Anda kehilangan data penting pada flashdisk? Atau pernahkah Anda saat hendak memulai presentasi namun file power point tidak bisa dibuka karena menggunakan laptop teman? Atau ketika Anda numpang nge-print melalui komputer rekan sekantor namun isi file menjadi berantakan atau file jadi kosong?

Itulah beberapa contoh ulah virus komputer yang nempel pada flashdisk dan itu sangat menggangu.

Kita ketahui bahwa flashdisk adalah alat penyimpan data yang bersifat portable. Berukuran kecil, ringan dan sangat mudah dalam proses baca dan tulis pada media tersebut. Interface atau alat penghubung flashdisk biasanya adalah USB. Saat ini sudah ada flashdisk yang mempunyai interface micro USB. Bahkan ada yang sekaligus mempunyai interface USB dan Micro USB. 

Flashdisk 1


Flashdisk sangat membantu kita dalam mentransfer file antara desktop, laptop, tablet dan smartphone. Ataupun berbagi file kepada teman dan kolega. 

Flashdisk membuat hidup lebih mudah dan menyenangkan. Namun sayangnya flashdisk rentan terinfeksi virus. Jika telah terinfeksi virus, tidak hanya data dalam flashdisk yang terancam hilang atau rusak. Namun juga membahayakan pada setiap perangkan yang tercancap olehnya.

Untuk mengatasi hal itulah artikel ini ditulis. Cara mudah memproteksi flashdisk yang akan saya uraikan disini adalah dengan cara membatasi flashdisk hanya dapat dibaca saja. Dan mencegah dari proses tulis pada media tersebut. Jadi ketika proteksi diaktifkan, semua proses tulis kedalam flasdisk tersebut dicegah oleh system. Hal ini akan membuat data dalam flashdisk tersebut aman karena tidak dapat dirubah, dimodifikasi ataupun dihapus.

Sebelum melanjutkan, syarat pertama download terlebih dahulu Drive Protection sebagai bahan utamanya lalu extract di desktop atau tempat lainnya. Syarat berikutnya adalah file system flasdisk harus NTFS. Jika belum maka Anda harus memformatnya terlebih dahulu kedalam file system NTFS.

format drive


Cara Mudah Memproteksi Flashdisk :

  1. Buka aplikadi Ntfs Drive Protection yang telah di download sebelumnya
    Ntfs Drive Protection
  2. Pilih Target Drive yang akan proteksi
  3. Ceklis Unprotected File and Folder List. Hanya folder inilah yang tidak terproteksi. Jadi Anda masih bisa menggunakan flashdisk yang terproteksi layaknya flashdisk normal namun hanya pada folder ini saja.
  4. Klik Start Protection dan tunggu sampai proses. Lamanya proses ini tergantung pada banyaknya file, besarnya data, kecepatan tulis (write speed) dan kecepatan akses flashdisk. (USB 2.0 atau USB 3.0)

  5. Sekarang flasdik Anda telah terproteksi.
Saat flashdisk dalam keadaan terproteksi semua file dan folder hanya bisa dibaca saja kecuali file dalam folder  _Unprotected.  Untuk menambah, merubah atau menghapus file atau folder Anda harus membuka proteksi.

Untuk membuka proteksi langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Ntfs Drive Protection
  2. Klik Stop Protection. Tunggu sampai proses selesai
  3. Pada flashdisk yang tidak terproteksi di tandai dengan icon gembok terbuka di pojok kanan bawah seperti terliha pada gambar berikut
    Nfts drive protection

Catatan :

Sebaiknya Aplikasi Ntfs Drive Protection ini Ada letakkan pada flashdisk agar kapan dan dimana pun proses membuka atau memproteksi flashdisk dapat dilakukan, dengan syarat PC atau laptop yang digunakan bersih dari virus. Untuk menyamarkan Anda juga bisa mengganti folder dan nama file dari aplikasi Ntfs drive protection ini.

Semoga bermanfaat :)



Penulis Tidak Bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi pada perangkat Anda setelah mengikuti tutorial pada blog ini. "Do With Your Own Risk"


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »