Manfaat Firewall Pada Smartphone Android

Tabel of Content [View]
Menurut Wikipedia, Firewall adalah suatu sistem yang dirancang untuk mengontrol masuk dan keluar nya lalu lintas jaringan internal. Firewall biasanya menetapkan penghalang antara jaringan internal yang aman dan jaringan lain di luar, seperti internet misalnya.

Firewall bekerja dengan cara melacak dan mengendalikan jalannya data serta memutuskan aksi untuk melewatkan (pass), menjatuhkan (drop), menolak (reject), mengenkripsi atau melakukan pencatatan aktivitas (log) data.

Firewall menjamin agar data sesuai dengan aturan (rule) yang terdapat di dalam kebijakan keamanannya (security policy) yaitu seperangkat aturan yang telah didefinisikan di dalam keamanan jaringan internal. 

Manfaat Firewall Pada Smartphone Android


Manfaat Firewall Pada Smartphone Android

Firewall juga dapat diterapkan pada smartphone, walaupun tidak memiliki fungsi yang kompleks seperti firewall pada PC. Namun firewall tetap dapat melakukan tugasnya untuk melindungi smartphone ketika online.

Dengan menggunakan Firewall kita dapat mengatur setiap aplikasi agar tidak selalu terhubung dengan internet. Hal ini untuk mencegah agar aplikasi tidak melakukan update secara otomatis, atau mengirimkan data pribadi keluar. 

Menggunakan firewall juga dapat menghemat bandwidth, sebab kita dapat mengontrol dan mengendalikan aplikasi apa saja yang kita izinkan untuk terhubung dengan internet. Dengan demikian pemakaian data internet jadi terkontrol.

Cara Install Firewall Pada Smartphone Android

Bagi pengguna smartphone Xiaomi, jika ingin menggunakan firewall Anda tidak harus menginstal aplikasi firewall, karena pada MIUI telah ada firewall bawaan. Untuk mengaktifkan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Security, lalu klik Data usage
    Manfaat Firewall Pada Smartphone Android
  2. Berikutnya, klik Restrict data usage  
    Manfaat Firewall Pada Smartphone Android
  3. Setelah terbuka, pilih aplikasi apa saja yang tidak diinginkan terhubung ke internet pada saat menggunakan Mobile Data  atau WiFi atau keduanya. 
    Manfaat Firewall Pada Smartphone Android
Itulah cara sederhana mengaktifkan firewall pada smartphone Xiaomi. Berikutnya adalah cara mengaktifkan firewall pada smartphone selain Xiaomi.

Di Google Play Store terdapat banyak sekali aplikasi firewall baik yang gratis atau berbayar, baik yang no root atau yang membutuhkan akses root. Namun pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh firewall no root yang sederhana. Cara menginstal dan menggunakannya adalah sebagai berikut :

  1. Instal NoRoot Firewall dari Play Store. Tunggu hingga proses pemasangan selesai
  2. Buka aplikasi NoRoot Firewall, beri ceklis pada Auto start on boot, lalu klik Start
    Manfaat Firewall Pada Smartphone Android
  3. Berikutnya akan ada peringatan bahwa NoRoot Firewall akan membuat sebuah koneksi VPN, beri ceklis pada I trust this aplication lalu klik Ok
  4. Selanjutnya pilih aplikasi mana yang akan diizinkan terkoneksi ke internet baik ketika menggunakan WiFI ataupun Data Mobile
    Manfaat Firewall Pada Smartphone Android

NoRoot Firewall adalah salah satu contoh firewall gratis yang dapat kita gunakan pada smartphone kita. Dan masih banyak sekali firewall-firewall gratis di play store yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Demikian artiket tentang manfaat firewall pada smartphone Android, serta cara instal dan penggunaannya.


Semoga bermanfaat :)