Tips Agar Tidak Tertipu Ketika Jual Beli HP Bekas di Bukalapak


Sebagai marketplace yang besar di Indonesia, Bukalapak menyediakan tempat dimana para pelapak bebas untuk menjual barang dagangannya sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang sudah ditetapkan di Bukalapak. Adanya peraturan tersebut tidak hanya bisa melindungi pembeli namun juga pelapak sendiri saat sedang melakukan jual beli HP bekas di Bukalapak. Agar Anda tidak tertipu saat menjual atau membeli barang dagangan Anda yang berupa ponsel bekas, maka terdapat beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

Sebelum menjual, agar HP second yang Anda juga tersebut laku, perhatikan hal berikut terlebih dahulu. Pertama adalah jangan lupa untuk bersihkan bagian body dan seluruh layarnya. Bagian luar dari ponsel akan sangat mempengaruhi penilaian dari pembelian sehingga sebisa mungkin Anda harus bisa menjaga agar tampilan ponsel tersebut sedikit mendukung atau menaikkan harga jual misalnya dengan meminimalkan baret yang ada di layar smartphone.

Kedua adalah cek kelengkapan bawaan dari ponsel tersebut. Harga ponsel, walaupun itu adalah ponsel bekas, namun jika HP tersebut memiliki kelengkapan bawaan yang cukup komplit terutama jika hp tersebut masih ada dalam masa garansi dan Anda memiliki kartu garansinya, maka harga jual bisa lebih tinggi. Ketiga adalah tata produk tersebut dengan rapi. Walaupun Anda menjualnya di Bukalapak namun Anda tetap harus menyertakan foto dari produk tersebut sehingga tampilan awal di foto tersebut bisa menarik minat dari calon pembeli yang berkunjung di Bukalapak.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan saat jual beli hp bekas di Bukalapak, adalah:

  • Beri judul barang yang persuasif, singkat, padat dan jelas.
  • Tuliskan deskripsi barang dengan jelas, lengkap dan informatif sehingga calon pembeli Anda bisa menilai apakah produk tersebut tepat untuk dibeli atau tidak.
  • Beri harga yang wajar, yang tidak terlalu rendah atau tidak terlalu tinggi. Serta, berikan harga sesuai dengan kondisi dari ponsel bekas yang Anda jual tersebut.
  • Jangan lupa untuk hapus data yang ada di ponsel Anda yang akan dijual agar data tersebut tidak digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab.

Sedangkan bagi konsumen, terdapat tips untuk membeli hp bekas di Bukalapak baik saat sebelum membeli atau setelah membeli dan Anda mendapatkan barang yang diterima untuk memastikan apakah barang yang Anda terima tersebut sesuai dengan barang yang Anda beli atau tidak. Pertama adalah sebaiknya Anda cari informasi terlebih dahulu mengenai harga terendah dan tertinggi atau rata-rata dari ponsel bekas sehingga saat Anda mencari di Bukalapak, Anda tidak salah dalam membeli.

Tips bagi konsumen saat akan memilih sebelum transaksi jual beli HP bekas di Bukalapak, diantaranya adalah:

  • Lihat bagian body dari hp tersebut. Hindari memiliki ponsel yang menggunakan gambar yang diambil dari internet dan bukan gambar sendiri. Pastikan jika hp tersebut tidak memiliki kecacatan atau kerusakan seperti retak di bagian layarnya.
  • Cek kelengkapan dari hp tersebut dan informasi penting lainnya di bagian deskripsi barang. Perhatikan dengan teliti apa saja kelengkapan dari ponsel tersebut serta apakah ada garansi nya atau tidak.
  • Setelah Anda mendapatkan ponsel tersebut, langsung cek bagian:
ü  Nomor IMEI apakah sama dengan yang ada di dus book dengan mengetikkan *#06#* lalu panggil.
ü  Cek fitur hp seperti speaker.
ü  Cek kondisi baterai apakah berfungsi dengan baik atau low bate.


Demikianlah sedikit tips dari saya sebelum melakukan jual beli HP bekas di Bukalapak,


Semoga bermannfaat :)

Pencinta teknologi, yang hobi memotret dan berselancar di internet. Mencari dan mempelajari hal yang baru adalah suatu yang sangat disukainya dalam mengisi waktu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »