Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Blogging

Tabel of Content [View]
Menjadi blogger itu sangat menyenangkan. Karena blogging adalah aktivitas untuk memperoleh pengalaman dan memperkaya pengetahuan. Setelah itu, membagikannya.

Hal yang paling menyenangkan dari kegiatan blogging adalah ketika banyak orang yang bisa mengambil manfaat dari pengalaman yang kita bagikan.

Blogging bukan hanya tentang berbagi. Namun banyak hal yang harus diperhatikan agar informasi yang kita bagikan sampai kepada pembaca dengan baik.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah dimana blog kita ditempatkan. Ada banyak platform yang bisa kita pilih untuk membuat blog. Ada dua platform yang paling popular, yaitu Blogspot dan Wordpress. Wordpress terbagi dua, Wordpress.com dan Wordpress.org.

Sama halnya dengan Blogspot atau Blogger.com, Wordpress.com adalah gratis. Tapi yang namanya gratis itu pasti mempunyai banyak keterbatasan. Jika kita tidak ingin adanya keterbatasan, maka pilihannya adalah Wordpress.org.

Pada Wordpress.org, platform bisa kita gunakan secara gratis, namun memerlukan domain dan (self) hosting yang pada umumnya adalah berbayar.

Nah, hosting inilah yang menentukan nyaman atau tidaknya kegiatan blogging, baik bagi pengunjung maupun bagi pemilik blog. Saya pernah mempunyai pengalaman tentang bagaimana kesalnya ketika hendak posting ternyata tidak bisa login ke dashboard. Tetap tidak bisa login meskipun telah dicoba berulang-ulang padahal saya yakin username dan passwordnya telah benar. Akhirnya saya menghubungi customer service dari penyedia hosting tersebut, meskipun agak lama menunggu jawaban, namun akhirnya saya diberi  tahu bahwa server sedang dalam perbaikan.

Begitu pun bagi pengunjung blog, mereka akan kecewa ketika tautan yang di klik tidak bisa terbuka. Hal ini akan membuat pandangan negatif tentang blog kita. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa mereka tidak akan berkunjung kembali.

Jadi, sebaik apapun konten yang kita tulis di blog, apabila web hosting yang kita gunakan memiliki up time yang rendah atau kurang berkualitas, maka akan menyebabkan banyak kerugian dan kita pun terlihat kurang profesional.

Lantas apa solusinya?

Solusinya adalah dengan cara memilih web hosting yang baik sebelum kita membangun sebuah blog.

Bagaimana caranya?

Ikuti beberapa tips dibawah ini untuk mengetahui cara memilih web hosting yang baik.

Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Blogging

Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Blogging

Ada beberapa point yang harus diperhatikan dalam memilih web hosting yang baik. Semakin banyak point yang anda dapatkan pada penyedia hosting tersebut, maka semakin baik.

1. Harga

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah harga. Karena hal ini menyangkut kemampuan dan budget yang telah dianggarkan. Biasanya mereka memiliki paket-paket harga tertentu, bandingkan dengan beberapa web hosting yang lain untuk memastikan bahwa kita telah memperoleh harga yang wajar.

2. Kapasitas Ruang Penyimpanan

Hal penting yang harus diperhatikan berikutnya adalah kapasitas ruang penyimpanan. Pertimbangkan untuk memilih kapasitas yang sesuai dengan perkiraan kebutuhan, seberapa besar blog akan berkembang dalam kurun waktu satu tahun kedepan. Jika hanya untuk kebutuhan personal blogging, yang setiap hari membuat satu atau dua postingan beserta gambar atau foto, rasanya ruang sebesar 1 GB sudah sangat mencukupi.

3. Batasan Transfer Data

Perkirakan jumlah pengunjung blog yang akan kita kita buat atau telah kita miliki. Semakin banyak pengunjung, tentu akan semakin banyak pula data yang harus di transfer. Batasan transfer data biasanya dihitung per bulan. Misalnya 5 GB, 10 GB atau bahkan ada yang unlimited. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari overload saat pengunjung sangat banyak

4. Kehandalan & Kecepatan

Kehandalan dan kecepatan web hosting yang kita sewa harus mumpuni. Hal ini sangat berpengaruh pada pengunjung blog. Jika suatu ketika saat seseorang mengunjungi blog kita, ternyata website tidak bisa dibuka karena server sedang down, hal ini berakibat tidak baik, karena bisa jadi pengunjung tersebut enggan untuk kembali lagi di lain waktu. 

Oleh karena itu, pastikan bahwa web hosting yang kita pilih mempunyai kualitas yang baik dan dapat diandalkan dan mempunya up time yang tinggi. Penyedia hosting yang baik biasanya memiliki Free Trial. Jadi manfaatkan kesempatan tersebut untuk mencoba semua fasilitas yang disediakan sebelum kita menyewanya.

5. Support

Support atau bantuan sangat perlu diperhatikan, terutama bagi blogger pemula. Web hosting yang baik, menyediakan bantuan kapan saja, biasanya ditulis support 24/7. Itu artinya jam berapa dan hari apa saja kita bisa meminta bantuan jika sedang menemui kendala. Untuk itu pastikan bahwa bantuan yang mereka tawarkan meliputi banyak hal, termasuk bantuan teknis.

Saatnya Mencoba Web Hosting Untuk Blogging 

Kita telah membahas bagaimana cara memilih web hosting yang baik. Kini saatnya kita mengujinya. Adakah web hosting yang bisa mendekati semua kriteria itu? Marilah kita uji.

Setelah mencari tahu tentang beberapa penyedia web hosting yang bisa mendekati semua kriteria diatas, akhirnya pilihan saya jatuh pada NSS Group - https://n9s.com. Beberapa fitur yang ditawarkannya sangat menarik sekali. Salah satunya adalah jika kita berlangganan setahun sekaligus, akan mendapatkan domain secara gratis. Fitur yang lainnya bisa dilihat di bawah ini.

NSS Group Hosting Economy Indonesia :

  • Linux Web Hosting 
  • Control Panel: C Panel
  • Disk Space: 500 GB (Free Trial 50 GB)
  • Monthly traffic: Unlimited (Free Trial 10 GB)
  • E-mail account: : 100 (Free Trial Unlimited)
  • Supports PHP
  • Provides MySQL Database
  • More than 100 themes are available for website building
  • Unlimited pages
  • 24/7 Live Chat and Phone Technical Support Service

Untuk membuktikan semua fitur yang ditawarkan oleh NSS Grpoup maka kita mencobanya. Beruntung, karena NSS Group juga menyediakan Free Trial selama 30 hari. Jadi kita bisa mencoba sebelum menyewanya. 


Cara mendaftar dan menbeli di NSS Group

Langkah-langkah yang dilakukan baik membeli maupun mencoba gratis adalah sama. Dalam contoh ini saya menggunakan Free Trial.
  1. Jika ingin membeli atau menyewa hosting, silakan klik link ini. Namun jika ingin mencoba gratis selama 30 hari, silakan klik di sini
  2. Setelah terbuka lalu scroll ke bawah. Pilih dan klik produk yang ingin kita coba. Dalam contoh ini saya memilih Indonesia CpanWeb Hosting Linux with Professional Website Builder Package
    Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Blogging
  3. Akan terlihat fitur apa saja yang diberikan pada produk pilihan kita. Setelah kita yakin, klik Mulai untuk melanjutkan
    Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Blogging
  4. Tentukan domain yang akan kita pakai. Pilihan pertama adalah membeli domain baru. Pilihan kedua adalah mentransfer domain yang telah kita miliki ke NSS Grpoup. Pilihan ketiga adalah mengapdate nameserver domain yang telah ada agar mengarah ke NSS Group. Pilihan terakhir adalah menggunakan subdomain gratis yang disediakan NSS Group. Dalam contoh ini saya memilih pilihan yang ketiga, mengupdate nameserver pada domain yang telah saya miliki. Klik Terus untuk melanjutkan.
    Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Blogging
  5. Pada langkah ini, kita bisa melihat konfigurasi produk yang telah kita pilih. Klik Terus untuk melanjutkan.
    Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Blogging
  6. Rangkuman pesanan akan diperlihatkan pada tahapan ini. Scroll kebawah, lalu isi data diri bila kita belum mempunyai akun di NSS Group. Isi data dengan teliti dan lengkap. Jangan lupa ceklis persetujuan dan akhiri dengan menekan Check-Out
    Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Blogging
  7. Buka email yang kita gunakan untuk mendaftar pada point 6 diatas, lalu klik Confirm your account. Tips Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Blogging
  8. Selesai

Tidaklah lengkap dalam mencoba, jika belum menginstal Wordpress pada Free Trial ini. Maka saya pun membuka cPanel, lalu memasang Wordpress melalui Softaculous App Installer.


Setelah Wordpress terpasang, lantas saya mencoba dan membuktikan beberapa fitur yang yang telah diberikan. Ternyata sesuai dengan harapan.

Tidaklah berlebihan jika saya katakan bahwa web hosting NSS group cocok sekali untuk para blogger. Hal ini saya katakan dengan beberapa alasan sebagai berikut:
  • Memiliki Data Center yang terletak di Indonesia
  • Harga relatif terjangkau
  • Kapasitas penyimpanan besar 
  • Batasan data transfer sangat besar 
  • Suport atau bantuan 24/7 

Jadi, web hosting NSS Group bisa menjadi alternatif pilihan yang cukup baik untuk membuat blog atau pun website. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa kunjungi www.n9s.com.

Demikianlah tips memilih web hosting yang baik dan cara memanfaatkan Free Tial sebelum kita membeli atau menyewa hosting untuk blog kita.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang beberapa web hosting terbaik Indonesia lainnya, bisa mengunjungi website PenasihatHosting.com. Disana Anda bisa menemukan review beberapa web hosting berdasarkan data real yang terukur (uptime dan load time).

Semoga bermanfaat :)
Postingan ini adalah sponsor post kampanye untuk NSS Group. Semua pendapat yang diungkapkan diatas 100% milik saya sendiri