Cara Mengaktifkan Search Description pada Postingan Blogspot

Tabel of Content [View]
Sebelum kita mulai langkah-langkah cara mengaktifkan Search Description pada postingan Blogspot, ada baiknya kita ketahui apa itu Search Description atau Deskripsi Penelusuran.
Cara Mengaktifkan Search Description pada Postingan Blogspot

Apakah Search Description atau Deskripsi Penelusuran itu?

Ketika kita mencari sesuatu di Google atau mesin pencari lain, ia memberikan beberapa hasil yang berisi judul, alamat url dan beberapa deskripsi

Judul muncul pertama kali, diikuti oleh link dan Search Description. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Cara Mengaktifkan Search Description pada Postingan Blogspot

Search Description ini membantu pengguna untuk mengetahui tentang konten yang ada di dalamnya. Jika mereka merasa terbantu atau memerlukan, mereka akan mengunjungi postingan blog kita. Jika tidak, mereka akan mencari beberapa postingan lain. 

Jadi, semakin menarik dan relevan deskripsi atau rangkuman postingan yang kita tulis pada Search Description maka semakin besar pula kemungkinan tautan postingan kita di klik oleh pengunjung, karena deskripsi yang kita tulis itu yang muncul di Search Engine Result Pages (SERPs)

Jika kita tidak mengaktifkan Search Description pada postingan maka mesin pencari akan mengambil 150 karakter pertama dari paragraf awal postingan.

Jika Meta tags Deskription belum diaktifkan, maka kita tidak akan menemukan menu Search Description pada editor postingan blog.
Seperti terlihat pada gambar di bawah ini
Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan Search Description pada Postingan Blogspot

  1. Login ke Akun Blogspot
  2. Pada Dashboard, klik Setting  lalu klik Search preference
  3. Dibawah Meta tags Description ? klik Edit 
    Cara Mengaktifkan Search Description pada Postingan Blogspot
  4. Pada Enable search description ? pilih Yes 
  5. Lalu isikan deskripsi blog pada kotak yang telah disediakan. Panjangnya maksimal hanya 150 karakter termasuk spasi. Setelah selesai lalu klik Save Changes. Meta tags Description ini pada mesin pencari Google akan terlihat seperti gambar di bawah ini:
  6. Selesai

Cara menambahkan Custom Search Description pada postingan Blog

Setelah mengaktifkan Search Description untuk postingan blog, kita bisa menambahkan deskripsi pencarian pada postingan blog yang telah ada atau membuat postingan baru. 

Saya lebih memilih menerapkannya pada postingan baru. 

  1. Klik tombol “New Post” 
  2. Setelah editor postingan terbuka, tulis judul dan isi postingan
  3. Untuk menuliskan Search Description, lihat pada sisi sebelah kanan di bawah Post settings ada Labels, Schedule, Permalink, Location, Search Description, dan Option.
  4. Klik pada Search Description, kemudian tulis deskripsi dari postingan yang sedang kita buat. Mesin pencari hanya menampilkan deskripsi tidak lebih dari 156 karakter (termasuk spasi), maka usahakan deskripsi yang kita tulis tidak lebih dari itu. Jika lebih dari itu, maka akan terpotong
    Cara Mengaktifkan Search Description pada Postingan Blogspot
  5. Jika telah selesai, klik Done
  6. Klik Publish untuk menerbitkannya.

Jika ingin postingan kita masuk page one dalam mesin pencari Google, ada baiknya kita mengaktifkan search description. Setelah itu tambahkan deskripsi penelusuran atau search description yang relevan dan menarik pada setiap postingan. Dan percayalah, hal itu akan meningkatkan jumlah visitor blog kita.

Langkah-langkah yang saya susun diatas mudah dan jelas untuk diikuti. Namun jika masih menemui kesulitan, silakan tuliskan pertanyaan pada kolom komentar.


Semoga bermanfaat :)