Cuplikan Unggulan di Penelusuran Google

Tabel of Content [View]
Ketika kita mengajukan pertanyaan di Penelusuran Google, kadang kala Google menampilkan hasil penelusuran dalam blok cuplikan unggulan khusus di bagian atas laman hasil penelusuran.

Blok cuplikan unggulan ini mencakup ringkasan jawaban yang diekstrak dari laman web, tautan ke laman, judul laman, dan URL. Cuplikan unggulan mungkin terlihat seperti gambar di bawah ini:

Cuplikan unggulan pada salah satu postingan blog mustafazain.com

Secara tidak sengaja, cuplikan unggulan ini saat saya dapatkan saat saya menuliskan kata kunci cara root redmi 1s MIUI 8. Ternyata postingan tentang root xiaomi redmi 1s MIUI 8 ada di page one pada urutan kedua.

Bukan karena ada di page one, yang menjadi kejutan bagi saya adalah karena postingan saya ada di bagian atas sebagai cuplikan atau ringkasan mesin pencari Google. Seperti terlihat pada gambar berikut ini.


Dari mana ringkasan jawaban berasal?

Ringkasan ini adalah cuplikan yang diekstrak secara terprogram dari laman web. Yang berbeda pada cuplikan unggulan adalah cuplikan unggulan disempurnakan untuk menarik perhatian pengguna di laman hasil. Ketika menyadari ada kueri yang mengajukan pertanyaan, kami secara terprogram mendeteksi laman yang menjawab pertanyaan pengguna tersebut dan menampilkan hasil teratas sebagai cuplikan unggulan di hasil penelusuran.

Seperti semua hasil penelusuran, cuplikan unggulan mencerminkan pandangan atau pendapat situs tempat kami mengekstrak cuplikan, bukan pandangan atau pendapat dari Google. Kami selalu berupaya meningkatkan kemampuan kami dalam mendeteksi cuplikan yang paling bermanfaat, sehingga hasil yang Anda lihat dapat berubah sepanjang waktu. Anda dapat memberikan masukan mengenai Cuplikan Unggulan apa pun dengan mengeklik tautan "Beri Masukan" di bagian bawah kotak.

Menyisih dari cuplikan unggulan

Anda dapat menyisih dari cuplikan unggulan dengan mencegah munculnya cuplikan di laman menggunakan tag <meta name="googlebot" content="nosnippet"> di laman Anda. Tindakan ini akan menghapus semua cuplikan di laman Anda, termasuk cuplikan di hasil penelusuran reguler.

Bagaimana cara menandai laman saya sebagai cuplikan unggulan?

Anda tidak dapat melakukannya. Google secara terprogram akan menentukan apakah suatu laman berisi jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan pengguna, dan menampilkan hasilnya sebagai cuplikan unggulan.