Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot

Tabel of Content [View]
Banyak diantara kita yang memulai membuat blog dengan yang gratisan, seperti di blogspot misalnya. Seiring dengan berjalannya waktu, blog pun semakin besar dan semakin banyak pengunjungnya. Lantas timbul keinginan untuk mengganti domain blogspot dengan domain sendiri agar lebih profesional dan mudah diingat. Itulah sebabnya saya mengganti mustafazain.blogspot.com menjadi mustafazain.com

Agar bisa mengganti domain blogspot dengan domain sendiri sayaratnya harus memiliki domain terlebih dahulu. Untuk memiliki domain sendiri tentu saja harus membelinya. Domain yang kita beli biasanya merupakan Top Level Domain (TLD), seperti .com, .net, .id dan yang lainnya.

Top level domain atau sering kita sebut TLD, merupakan rujukan kepada huruf-huruf terakhir setelah tanda titik dalam sebuah nama domain. Misalnya www.mustafazain.com memiliki domain teratas .com. Namun pada mustafazain.blogspot.com, yang memiliki domain teratas adalah blogspot, bukan mustafazain.

Baik domain dengan cPanel hosting maupun domain tanpa hosting dapat kita seting untuk menggantikan domain blogspot. Caranya adalah sebagai berikut:
Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot

Cara mengganti domain blogspot dengan domain tanpa hosting

  1. Masuk ke Dashboard Blogspot
  2. Klik Settings
  3. Klik +Setup a 3rd party URL for your blog
    Setup a 3rd party URL for your blog
  4. Isi dengan nama domain yang kita miliki. Misalnya www.mustafazain.com. Lalu klik Save
    Mengganti blogspot dengan domain sendiri
  5. Setelah di Save maka akan menampilkan cname yang harus diisikan pada domain manager kita
    CNAME pada blogspot Sementara tinggalkan Blogger dulu, jangan ditutup. Buka tab baru pada browser, lalu login ke akun Domain yang kita miliki.
  6. Buka Domain Manager
  7. Pilih Managed DNS. Lalu klik Add New Record
    Manage DNS
  8. Buat CNAME record. Masukkan data CNAME yang ditampilkan di blogger pada nomor 5 di atas lalu klik Add Record
    Menambah CNAME Record
  9. Ulangi langkah di atas untuk CNAME yang berikutnya, lalu klik Add Record
    membuat CNAME Record
  10. Selanjutnya adalah membuat A Record. Domain = kosongkan. TTL= 14400. Record Type= A. IP or Hostname= 216.239.32.21. Lalu klik Add Record.
    cara membuat A Record
  11. Ulangi langkah di atas untuk nomor IP 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21
  12. Setelah CNAME dan A Record diisikan semua maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini
    CNAME dan A Record
  13. Kembali ke Blogger (nomor 5) lalu klik Save. Jika belum bisa dan masih muncul Error 12, tunggu beberapa saat, lalu teklan Save kembali. Propagasi bisa memakan waktu 1-24 Jam. Namun saat tutorial ini saya tulis, saya hanya memerlukan waktu kurang dari 15 menit.
    Blogspot Redirect non ww ke www
  14. Setelah berhasil mengganti domain blogspot dengan domain sendiri, selanjutnya klik Edit. Setelah terbuka, lalu beri ceklis pada kotak Redirect. Pemberian ceklis pada redirect ini agar blog tetap terbuka meskipun diakses tanpa atau dengan www. Seperti dalam contoh ini, mustafazain.com atau www.mustafazain.com.
    cara seting Redirect non ww ke www di Blogspot
  15. Selesai

Cara mengganti domain blogspot dengan domain yang menggunakan cPanel hosting 

Seting pada Blogger untuk mengganti domain blogspot dengan domain yang menggunakan cPanel sama dengan domain tanpa hosting. Yang berbeda hanya cara membuat A Record dan CNAMEnya saja. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke Dashboard Blogspot
  2. Klik Settings
  3. Klik +Setup a 3rd party URL for your blog
    Setup a 3rd party URL for your blog
  4. Isi dengan nama domain yang kita miliki. Misalnya www.mustafazain.com. Lalu klik Save
    cara mengganti domain blogspot dengan domain sendiri
  5. Setelah di Save maka akan menampilkan cname yang harus diisikan pada domain manager kita
    cara melihat CNAME pada blogspot Sementara tinggalkan Blogger dulu, jangan ditutup. Buka tab baru pada browser, lalu login ke cPanel Domain yang kita miliki.
  6. Login ke cPanel, lalu buka Advanced Zona Editor
    Advanced DNS Editor pada cPanel 

  7. Masukkan data CNAME yang telah di peroleh dari blogspot (nomor 5) diatas. Caranya adalah pilih Type CNAME, Name www (nama domain akan otomatis mengikuti), TTL 14400, CNAME ghs.google.com, lalu tekan Add Record
    cara menambah CNAME pada cPanel
  8. Masukkan satu lagi CNAME yang telah diberikan oleh blogspot diatas, seperti langkah nomor 7. Jangan lupa untuk menekan Add Record untuk mengakhirinya.
    cara menambah CNAME pada cPanel
  9. Berikutnya adalah menambahkan A Record untuk IP= 216.239.32.21. Caranya adalah pilih Type A, Name nama domain (dalam contoh ini mustafazain.com), TTL 14400, Address 216.239.32.21lalu tekan Add Record
    cara menambah A Record pada cpanel
  10. Ulangi langkah Nomor 9 di atas untuk IP 216.239.34.21, 216.239.32.61 dan 216.239.38.21
  11. Setelah semua CNAME dan A Record ditambahkan maka hasilnya akan seperti terlihat di gambar di bawah ini
    Zone File Editor di cPanel
  12. Selanjutnya buka Domain Redirect. Tujuan membuat redirect ini agar blog tetap terbuka jika di akses tanpa atau menggunakan www. 
    Domain Redirect di cPanel
  13. Buat Redirect secara permanent. Caranya pilih Type Permanent (301), Http:// domain.anda (dalam contoh ini mustafazain.com), Redirects to http://www.domain.anda (dalam contoh ini http://www.mustafazain.com), pilih Do Not Redirect .www, lalu tekan Add.
    cara membuat Redirect di cPanel
  14. Selesai
Untuk menguji apakah sting yang telah kita lakukan telah benar, maka buka blog dengan atau tanpa www. Jika semua terbuka dengan sempurna, selamat! Anda telah berhasil mengganti domain blogspot dengan domain milik sendiri.