Cara Mengirim File Ukuran Besar Melalui Internet


Cara Mengirim File Ukuran Besar Melalui Internet
Bagi pengguna internet, tentu telah terbiasa dengan mengirim atau menerima file. Baik berupa foto, video, dokumen, presentasi, dan lain sebagainya. Jika jumlah dan ukuran filenya kecil tentu saja tidak ada masalah. Sebab file tersebut bisa dikirimkan melalui email atau melalui messenger.

Namun masalah timbul ketika kita hendak mengirim file ukuran besar. Sebab attachment sebuah email biasanya memberikan batasan untuk ukuran file yang hendak di kirimkan. Contoh, batas maksimum file attachment pada Gmail dan Yahoo mail adalah sebesar 25 MB. Lalu bagaimana jika file yang hendak dikirimkan lebih besar dari itu?

Beberapa cara mengirim file ukuran besar melalui internet

Cara Pertama : Mengkompres dan memecah file yang hendak dikirim menjadi beberapa bagian, lalu mengirimkankannya melalui beberapa email. Untuk keperluan mengkompres dan memecah file ini kita bisa menggunakan aplikasi seperti WinRAR misalnya. Namun cara ini kurang praktis dan sangat merepotkan. Sebab harus mengirimkan beberapa email, sebanyak pecahan file yang telah di split sebelumnya. Begitupun penerima, harus mendownload beberapa bagian attachment terlebih dahulu, lalu menyatukannya. Jika salah satu bagian saja yang mengalami corrupt atau rusak, hal itu akan berpengaruh sekali pada bagian yang lainnya. Karena file tidak akan bisa di satukan kembali.

Cara Kedua : Cara berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mengirim file ukuran besar melalui internet adalah dengan menggunakan cloud storage atau penyimpanan online. Ada banyak cloud storage gratis yang bisa kita gunakan. Misalnya, Google DriveDrop Box, Microsoft OneDrive dan yang masih banyak lagi yang lainnya. Keuntungan mengirim file ukuran besar menggunakan cloud storage semacam ini adalah, file yang kita simpan didalamnya tidak pernah expire. Dengan kata lain file akan tetap ada selama akun yang kita miliki aktif. Sedangkan kekurangannya adalah kita harus mendaftar atau sign up terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan failitas yang di sediakan.

Cara mengirimkan file melalui cloud storage ini sangat mudah. File yang akan kita kirimkan kita upload ke penyimpanan yang kita miliki. Setelah selesai, lalu kita salin alamat tautan atau link file tersebut. Berikutnya adalah mengirimkan tautan atau link file tadi ke teman atau rekan bisnis kita. Cara ini lebih praktis dari cara yang pertama, sebab dengan hanya mengirimkan link.

Cara Ketiga : Inilah cara yang paling saya suka dalam mengirimkan file ukuran besar melalui internet. Hampir sama dengan cara yang sebelumnya. Namun kita tidak diharuskan registrasi atau sign up terlebih dahulu untuk bisa menggunakan penyimpanan online ini. WeTransfer namanya. Cara paling sederhana mengirim file ke seluruh dunia.  Kekurangannya adalah file yang kita upload akan di hapus oleh system dalam waktu 7 hari. Jadi setelah waktu 7 hari file tidak akan tersedia lagi untuk di download.

Berikut ini adalah tahapan bila kita hendak mengirim file ukuran besar menggunakan WeTransfer

  1. Buka WeTransfer.com
  2. Klik I agree untuk memulai
  3. Isi email penerima, email pengirim dan pesan. Masukkan file yang akan dikirim. File dapat ditambahkan sebanyak yang kita mau asalkan jumlah totalnya tidak melebihi 2GB. Lalu tekan Transfer
  4. Jika transfer berhasil maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini
    WeTransfer- Transfer berhasil
  5. Selesai
Kita telah sukses mengirim file ukuran besar menggunakan WeTransfer. Tidaklah lengkap jika tidak disertakan juga cara menerimanya.

Cara menerima file dari WeTransfer

  1. Buka email penerima file
    WeTransfer - Email penerima File
  2. Buka email dari WeTransfer, lalu tekan Download
    WeTransfer - Isi email dari WeTransfer
  3. Berikutnya klik Download lagi
    WeTransfer - Cara download file dari WeTransfer
  4. Bila file telah di download maka akan terlihat pesa Your download has started
    WeTransfer - Proses download file
  5. Selesai


Semoga bermanfaat :)




Pencinta teknologi, yang hobi memotret dan berselancar di internet. Mencari dan mempelajari hal yang baru adalah suatu yang sangat disukainya dalam mengisi waktu.

Share this

---

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Thu Jan 05, 03:40:00 PM 2017 delete

thanks mas sharingnya klo aku biasanya sih pake google drive.. blom pernah nyobain yg lain.. hee

Reply
avatar
Thu Jan 12, 05:30:00 AM 2017 delete

Sesekali boleh di coba cara yang instan ini mas. Namun filenya tidak tersimpan lama.

Reply
avatar
Fri Jan 13, 10:00:00 AM 2017 delete

makasih mas infonya jd kalo mau ngirim file online bisa lbh cepet. biasanya sih kalo deket saya pake shareit ngirimnya ehehe.

mampir jg ya ketulisan ini elektronika seru makasih

Reply
avatar

Terimakasih buat rekan-rekan yang telah meluangkan waktu untuk memberi komentar.
Tapi maaf, saya moderasi terlebih dahulu, untuk menghindari spam