Cara Root Xiaomi Redmi 1s Tanpa PC Untuk Semua MIUI


Cara Root Xiaomi Redmi 1s Tanpa PC Untuk Semua MIUI
Belumlah lengkap bila kita memiliki smartphone Android tetapi belum di root. Karena dengan adanya akses root, berarti kita memiliki akses penuh terhadap sistem smartphone yang kita miliki itu. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan akses root pada smartphone Android. Dari cara yang rumit sampai cara yang sederhana bahkan sangat sederhana.

Tidak semua pemilik smartphone memiliki PC, maka dari itulah tutorial cara root Xiaomi Redmi 1s tanpa PC ini dibuat. Selain praktis, keuntungan lainnya bila tanpa menggunakan PC adalah waktu yang digunakan relatif lebih singkat, karena tinggal klik saja.

Pada umumnya cara root smartphone Android tanpa PC biasanya melalui Recovery Mode dengan cara melakukan flash file rootnya. Seperti cara root dengan menggunakan nativeroot pada MIUI 8 v8.0.1.0 maupun v8.2.1.0. Namun pada tutorial kali ini saya akan menunjukkan bahwa ada cara yang sangat sederhana sekali. Hanya dengan sekali klik kita dapat melakukan root Xiaomi Redmi 1s. Prosesnya pun sangat singkat. Hanya memerlukan waktu 3 menit.

Sebenarnya cara root yang akan saya tuliskan dibawah ini bisa digunakan pada smartphone Android yang lain. Karena saya hanya mencobanya di smartphone Xiaomi Redmi 1s, maka judulnya saya khususkan pada smartphone ini saja.

Agar proses root sukses dan berjalan sempurna, kita penuhi terlebih beberapa syaratnya:
  • Kapasitas baterai minimal 50%
  • Koneksi internet tersedia (disarankan menggunakan WiFi)
  • Mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak diketahui. Pengaturan> Keamanan> Sumber Tak Dikenal


Cara Root Xiaomi Redmi 1s Tanpa PC

  1. Download KingoRoot.apk. Bila ada peringatan jenis file ini dapat membahayakan perangkat maka klik OK untuk melanjutkan download.
    Download KingoRoot Xiaomi Redmi 1S
  2. Instal KingoRoot.apk yang telah di download sebelumnya. Bila ada peringatan file tidak bisa di instal maka ceklis pada sumber tidak dikenal pada pengaturan.


  3. Jalankan KingoRoot. Setelah aplikasi terbuka, lalu klik One Click Root
    Menjalankan KingoRoot Xiaomi Redmi 1S
  4. Tunggu hingga beberapa detik hingga proses root selesai. Pastikan dalam proses ini koneksi internet tidak putus untuk menghindari kegagalan.
    Proses Kingo Root Xiaomi Redmi 1S
  5. Bila proses root sukses. Maka akan terlihat tulisan ROOT SUCCEEDED, seperti terlihat pada gambar berikut.
    Kingo Root Xiaomi Redmi 1s sukses

Untuk memastikan proses root telah benar dan sukses,  instal root checker lalu jalankan aplikasi tersebut. Maka akan terlihat apakah Xiaomi Redmi 1s kesayangan kita itu memiliki akses root ataukah tidak. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Root Checker Xiaomi Redmi 1s

Setelah proses rooting sukses kita lakukan. Berikutnya adalah tutorial cara unroot menggunakan Kingo Super User yang telah terinstal pada saat proses root di atas.

Tahukah kita pada saat proses root, Kingo Root melakukan beberapa perubahan pada system dalam menempatkan su binary. Biasanya file tersebut akan ditempatkan pada:
  • / System / bin: su biner
  • / System / xbin: tmpsu, daemonsu
  • / System / sbin: su biner
  • / System / app: superuser.apk
File su binary tidak selalu pada semua direktori tersebut. Tergantung tool yang digunakan pada saat proses rooting. Jadi, agar tetap mendapatkan update perangkat melalui OTA, maka kita harus menghapus sisa file tersebut sampai besih. Proses penghapusan file-file tersebut disebut unroot.

Cara Unroot Xiaomi Redmi 1s melalui Kingo Super User 

  1. Buka aplikasi Kingo Super User
    Kingo SuperUser - Xiaomi Redmi 1S
  2. Klik tiga titik di sebalah kanan atas
  3. Klik Hapus Root
    Kingo SuperUser - Hapus Root - Xiaomi Redmi 1S
  4. Ketika ada pertanyaan Yakin ingin menghapus Root? Klik LANJUTKAN, maka perangkat akan otomatis restart.
    Kingo SuperUser - Konfirmasi hapus Root Xiaomi Redmi 1S
  5. Selesai

Cara root menggunakan KingoRoot.apk ini telah saya coba pada Xiaomi Redmi 1S MIUI 5 sampai MIU 8 pada semua versi, dan berhasil 100%.

Semoga bermanfaat,



Pencinta teknologi, yang hobi memotret dan berselancar di internet. Mencari dan mempelajari hal yang baru adalah suatu yang sangat disukainya dalam mengisi waktu.

Share this

---

Previous
Next Post »

Terimakasih buat rekan-rekan yang telah meluangkan waktu untuk memberi komentar.
Tapi maaf, saya moderasi terlebih dahulu, untuk menghindari spam