Switch Alpha 12: Menjalankan Profesi Sambil Menyalurkan Hobi


Bagi seorang yang bukan pegawai seperti saya ini, hidup tak ubahnya bagai sebuah drama yang harus siap berubah peran kapan saja. Jika tidak, tentu tak ada yang menggaji saya.

Pendidikan formal saya adalah di bidang listrik tegangan tinggi. Namun saya lebih menyukai bidang komputer baik hardware maupun sofwtarenya. Dari dasar ilmu kelistrikan itulah saya mulai belajar sendiri bagaimana cara merakit sebuah komputer, mengistal softwarenya dan menghubungkan beberapa komputer menjadi sebuah jaringan, baik Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN).

Berawal dari sebuah hobi itulah, sampai kini merakit dan memperbaiki komputer menjadi keseharian saya sekaligus menjadi sumber penghasilan untuk keluarga. Namun, yang namanya usaha tentu ada sepinya. Makanya sesekali saya masih menerima jika ada job pemasangan instalasi listrik untuk rumah tangga. Karena memang itulah pekerjaan saya sebelumnya.

Suatu hari, istri saya yang seorang penulis dan blogger memberi saran pada saya. Mengapa tidak mencoba menjadi blogger? Kan bisa dijadikan pekerjaan sambilan. Jika nasib baik, lumayan besar loh, penghasilannya. Dari usulan sang istri itulah, sejak beberapa bulan terakhir ini selain menjadi tukang service listrik dan komputer, saya juga mencoba menjadi seorang blogger. Meskipun menulis dan merangkai kata menjadi sebuah artikel bukan hal yang mudah bagi saya, namun ada keasyikan dan kepuasan tersendiri ketika bisa berbagi pengalaman melalui tulisan.
Tukang service komputer
Antara tukang listrik, tukang service komputer, dan blogger, adalah tiga hal berbeda yang agak sulit untuk dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Satu-satunya yang bisa dikerjakan secara fleksibel adalah blogging. Saya bisa membuat tulisan untuk posting di sela-sela pekerjaan saya, baik menggunakan tablet atau pun smartphone. Akan tetapi, saya masih harus membuka komputer untuk menyempurnakan tulisan saya itu sebelum dipublikasikan. Praktis, tablet atau smarphone Android belum bisa menggantikan peran Personal Computer (PC) bagi saya. 

Lantas saya berfikir, andai saja ada sebuah tablet bersistem operasi Windows yang berspesifikasi seperti laptop, tentu kegiatan blogging akan sangat menyenangkan, karena bisa dikerjakan kapan dan dimana saja. Pekerja rumahan seperti saya ini tidak mempunyai jam kerja yang pasti. Pekerjaan seperti merakit dan menginstal komputer sering saya lakukan hingga dini hari agar selesai tepat waktu dan tidak mengecewakan pelanggan. Karenanya saya ingin memiliki komputer kecil yang powerful agar bisa saya gunakan menyalurkan hobi sambil tetap melakukan pekerjaan.

Ternyata, keinginan saya itu bukanlah khayalan belaka. Sebab, Acer telah membuat sebuah Notebook 2 in 1 yang diberi nama Switch Alpha 12Notebook dengan Performa Tinggi Tanpa Kipas. Acer menyebut notebook ini dengan "The World's Most Powerful Fanless"Sangat cocok bagi pengguna yang aktif yang membutuhkan perangkat untuk bekerja di mana saja secara efisien. Bahkan, Switch Alpha 12 didesain sangat fleksibel mengikuti kebutuhan penggunanya. 

Acer Switch Alpha 12 Powerful and Fanless

Lihatlah, Switch Alpha 12 tampilan sangat cantik dengan bodi yang tipis begitu mempesona saya. Tidaklah berlebihan jika saya memimpikan untuk memilikinya.

Dibalik penampilannya yang sangat mempesona itu, yuk kita lihat satu persatu apa saja kelebihan yang dimiliki Switch Alpha 12 ini.

Spesifikasi Switch Alpha (SA5-271)

Processor
●     Intel® Core™ i5-6200U processor (3 MB L3 cache, up to 2.8 GHz)
●     Intel® Core™  i7-6500U processor (4 MB L3 cache, up to 3.1 GHz)
OSWindows 10 Home 64-bit
Storage
●     256GB SSD
●     512GB SSD
Memory
●     4GB DDR3
●     8GB DDR3
GraphicIntel® HD Graphics 520
Connection
●     Wifi 802.11a/b/g/n/ac
●     Bluetooth® 4.0
Battery Capacity4,870 mAh / up to 8 hours
Display12″ IPS QHD (2160 x 1440) Multi Touch
Dimension292.1 (W) x 201.4 (D) x 15.85 (H) mm – pad and dock
Weight1.25 kg
Camera5 MP Camera
Port
●     1x USB 3.0
●     1x USB 3.1 Type C
●     1x Micro SD card slot
Color OptionsSilver.

1. Processor

Dari data-data yang ditampilkan di atas, ternyata Switch Alpha 12 benar-benar notebook yang powerful. Hal ini dapat dilihat dari processor yang digunakan adalah Intel® Core™ i5 atau Intel® Core™ i7. Namun, ada yang beda jika dibandingkan dengan kebanyakan notebook hybrid pada umumnya. Notebook 2 in 1 ini telah menggunakan teknologi terbaru dengan LiquidLoopyaitu sebuah sistem pendingin yang mampu menstabilkan suhu mesin laptop tanpa kipas. Karena tidak menggunakan kipas, maka notebook tidak akan menimbulkan suara yang bising. Sehingga kita bisa berlama-lama menggunakannya tanpa diganggu suara mesin laptop.

Karena tidak menggunakan kipas maka notebook ini tidak memerlukan ventilasi. Keuntungannya adalah notebook ini terbebas dari debu karena tidak adanya sirkulasi udara yang masuk dan keluar dari mesin laptop. Keuntungan kedua adalah kita jadi bebas meletakkan notebook ini baik di bantal ataupun kasur dalam jangka waktu lama tanpa khawatir notebook menjadi overheating. 

Dari pengalaman saya selama menjadi "tukang service komputer", gangguan pada sistem pendingin untuk processor ini mengakibatkan laptop sering hang atau restart dengan sendirinya. Biasanya dengan jalan membersihkan debu pada kipas pendingin processor laptop menjadi normal kembali. Tapi sayangnya hanya untuk membersihkan debu ini saja laptop harus masuk ke bengkel. Konsekwensinya adalah kegiatan yang berhubungan dengan laptop akan terhenti sementara.

2. Storage

Salah satu yang saya impikan adalah mempunyai laptop dengan Solid State Drive atau sering disebut SSD sebagai sarana penyimpanannya. Selain ringan, tidak bersuara, lebih tahan terhadap guncangan, juga mempunya akses read/write yang lebih cepat dibandingkan dengan Hard Disk Drive (HDD). Keuntungan lainnya adalah lebih hemat daya listrik.

Nah Switch Alpha 12 ini telah menggunakan SSD sebagai tempat penyimpanan data dengan kapasitas 256GB atau 512GB. 

3. Memory

Ketika kita sedang bekerja menggunakan laptop atau aktivitas blogging, sulit rasanya untuk menghindari yang namanya multitasking. Ketika hendak posting tulisan ini saja saya mesti membuka aplikasi photo editing, membuka file manager dan tentu saja web browser dengan belasan tab terbuka di sana. 

Semua aplikasi yang kita jalankan secara bersamaan itu sangatlah bergantung pada memory atau RAM yang kita miliki. Semakin tinggi RAM yang kita miliki, perpindahan antar aplikasi terasa begitu nyaman dan cepat. Lain halnya jika RAM yang kita miliki terbatas. Perpindahan antar aplikasi memerlukan loading cukup lama karena harus mengakses virtual memory pada HDD.

Nilai tambah berikutnya untuk Switch Alpha 12 adalah bahwa RAM yang digunakan sebesar 4GB atau 8GB. RAM sebesar itu sudah cukup untuk membuat multitasking terasa nyaman tanpa lag.

4. Port

Selanjutnya yang mutlak diperlukan bagi pengguna laptop adalah adanya port USB. Hal ini penting. Selain nuntuk keperluan pencetakan dokumen menggunakan printer dengan port USB, pertukaran data menggunakan flash disk juga yang paling sering kita lakukan. 

Switch Alpha 12 ini menyediakan port USB v3.0 dan port micro USB type C reversible. Kelebihan USB type C adalah memiliki port bolak-balik, jadi sangat praktis tanpa khawatir terbalik dalam menggunakannya.

Selain kedua port USB di atas yang disediakan, Notebook ini juga menyediakan port untuk micro SD card yang berguna apabila kapasitas penyimpanan masih terasa kurang memadai.
Acer Switch Alpha 12 - Port USB type C

5. Display

Ukuran dan jenis display sebuah laptop sangat penting bagi kenyamanan mata penggunanya. Seperti saya misalnya, dalam satu hari durasi di depan komputer bisa lebih dari delapan jam. Jika display komputer tidak baik tentu sangat melelahkan sekali bagi mata saya.

Untungnya Switch Alpha 12 menggunakan graphic card Intel® HD 520 dan layar 12" dengan resolusi tinggi QHD (2160 x 1440) berteknologi IPS (In Plane Switching) yang memiliki area pandang lebih luas. Sehingga dari penglihatan tetap jelas meslkipun dari sudut manapun kita melihat display notebook ini.

Dan yang tidak kalah menariknya adalah Switch Alpha 12 ini telah dilengkapi dengan fitur Acer BlueLight Shield, sebuah teknologi yang mampu melindungi mata dari emisi cahaya biru dari layar notebook yang menjadi penyebab mata cepat lelah dan kering.

6. Camera

Seperti sebuah tablet modern pada umumnya, Switch Alpha 12 juga dilengkapi dengan kamera depan 2 MP dan kamera belakang 5 MP. Dengan adanya kamera depan ini, kebutuhan video call melalui Skype misalnya, telah tercukupi. Begitupun bagi yang senang selfi buat update status di sosial media tidak akan ketinggalan saat menggunakan netbook ini.


7. Connection

Untuk keperluan koneksi nirkabel, Switch Alpha 12 ini telah di lengkapi Bluetooth 4.0 dan Wifi 802.11a/b/g/n/ac. Berbagi file atau foto dari notebook ke smartphone atau sebaliknya jadi mudah dilakukan kapan dan dimana saja. Dan wifi bisa kita gunakan saat ingin terkoneksi ke internet pada saat blogging dan bekerja. 

8. Battery 

Dari semua kelebihan di atas, jika tidak ditunjang dengan kapasitas baterai yang mumpuni tentu tidak akan menyenangkan. Semakin lama kita bisa menggukan notebook tanpa terhubung ke adaptor listrik tentu hal itu sangat banyak manafaatnya. Salah satunya adalah bisa bebas kapan dan dimanapun bekerja dan menyalurkan hobi kita.

Itulah sebabnya, Switch Alpha 12 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.870 mAh yang mampu digunakan hingga 8 jam.

9. Keyboard 

Docking Switch Alpha 12 dapat dirubah sesuai kebutuhan, dari mode tablet menjadi notebook atau sebaliknya. Untuk memasang dan melepas kembali keyboard docking sangatlah mudah karena dilengkapi engsel magnet.

Kelebihan keyboard docking yang dimiliki notebook ini adalah selain tipis juga telah dilengkapi backlit, sehingga memakai keyboard di tempat yang gelap pun bukan masalah lagi.

Acer Swicth Alpha 12 - backlit keyboard

10. Digital Active Pen

Sepertinya Acer ingin membuat Switch Alpha 12 ini secanggih mungkin. Terbukti digital Active Pen juga disertakan dalam melengkapi semua kelebihan yang ditawarkan. Selain untuk menulis, digital Active Pen ini sangat membantu sekali dalam kreatifitas membuat sketsa digital diatas layar. Dan tentu saja masih banyak lagi manfaatnya. 
Acer Switch Alpha 12 - digital Active Pen

11. Operating System

Dari sekian banyak kelebihan hardware yang dimiliki Switch Alpha 12, jika tanpa didukung Sistem Operasi, tentu tidaklah ada gunanya semua itu. Karena itulah Acer membenamkan Windows 10 Home 64-bit dengan berbagai kelebihannya sebagai Operating System-nya.


12.Weight

Switch Alpha 12 ini, selain tipis, ternyata bobotnyapun ringan hanya 1.25 kg. Praktis untuk dibawa kemana saja. Sehingga mengerjakan deadline bisa dimanapun kita mau.

Itulah segudang kelebihan Switch Alpha 12. Notebook idaman untuk menjalankan profesi sekaligus menyalurkan hobi.




Pencinta teknologi, yang hobi memotret dan berselancar di internet. Mencari dan mempelajari hal yang baru adalah suatu yang sangat disukainya dalam mengisi waktu.

Share this

---

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar

Terimakasih buat rekan-rekan yang telah meluangkan waktu untuk memberi komentar.
Tapi maaf, saya moderasi terlebih dahulu, untuk menghindari spam