Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer pada Windows 10


Windows photo viewer
Windows photo viewer ternyata tak ikut serta ketika saya selesai menginstal Windows 10 secara "clean". Saya coba mencarinya di beberapa folder dan membuka seting Windows, apakah dia tersembunyi ataukah tertinggal saat proses instal? Mengapa pada Windows 10 yang saya pakai sebelumnya ada?. Kemanakah gerangan perginya?

Ternyata pada saat kita instal Windows 10 secara clean, Windows Photo Viewer memang tidak ikutan terintal karena perannya digantikan oleh Photos. Entah apa alasan Microsoft menggantinya. Namun yang jelas tampilan Photos kurang familiar bagi saya. Mungkin karena tidak terbiasa makanya sayapun kurang suka. Apalagi loading nya pun terasa agak lambat ketika membuka sebuah foto. Atau karena memang komputer saya yang lelet? Entahlah.. Yang jelas saya berusaha mencari cara bagaimana agar bisa mengembalikannya dalam Windows 10.
Photos - pengganti Windows Photo Viewer

Setelah menjelajah belantara internet, seperti biasanya, ditemani oleh Google. Akhirnya saya pun mampir ke cnet atas rekomendasi Google untuk mencari jawaban dan solusi untuk mengembalikan Windows Photo Viewer yang telah hilang itu. Dan ternyata caranya sangat mudah sekali. Seperti yang akan saya tulis berikut ini.


Cara mengembalikan Windows Photo Viewer


  1. Download file photoviewer.reg ini. Lalu simpan di desktop atau dimana saja yang di suka
  2. Klik ganda pada file yang telah di download tersebut
    windows photo viewer reg
  3. Saat ada pertanyaan untuk melanjutkan, klik Yes
    Izin memodifikasi registry
  4. Bila penulisan ke registry sukses maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini
    Penulisan ke registry sukses
  5. Untuk melihat apakah Windows Photo Viewer telah kembali maka lakukan pengujian dengan cara klik kanan pada salah satu file gambar. Pilih Open with -> Choose another app.
    Mengatur Windows Photo Viewer menjadi default
  6. Setetelah pilih WIndows Photo Viewer lalu beri ceklis pada Always use this app to open .jpg file lalu klik OK
    pilih Windows Photo Viewer menjadi default
  7. Selesai.

Semoga bermanfaat :)



Pencinta teknologi, yang hobi memotret dan berselancar di internet. Mencari dan mempelajari hal yang baru adalah suatu yang sangat disukainya dalam mengisi waktu.

Share this

---

Previous
Next Post »

Terimakasih buat rekan-rekan yang telah meluangkan waktu untuk memberi komentar.
Tapi maaf, saya moderasi terlebih dahulu, untuk menghindari spam