Cara Menghapus Ratusan Inbox di Gmail dengan Mudah dan Cepat

Tabel of Content [View]
Ketika inbox di Gmail kita penuh sesak oleh email yang sebenarnya tidak kita perlukan tentu hal itu sangat menyebalkan. Contohnya adalah email notifikasi dari jejaring sosial yang kita miliki.

Selama notifikasi email pada media sosial tersebut aktif, maka inbox akan terus dan terus bertambah jumlahnya seiring dengan banyaknya  pemberitahuan yang dikirim oleh media sosial tersebut. Jika dalam jangka waktu yang lama hal itu terjadi, bisa kita bayangkan berapa email yang akan memenuhi inbox kita. Jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan. 

Cerita ini bermula ketika saya mendaftar facebook tidak menggunakan email utama yang saya miliki, tetapi menggunakan email yang lain. Jadi praktis email ini jarang saya buka. Setelah beberapa bulan berjalan, teman di Facebook terus bertambah dan interaksi di media sosial tersebut juga semakin meningkat. 

Cara Menghapus Ratusan Inbox di Gmail dengan Mudah dan Cepat

Suatu ketika saya menggunakan email tersebut untuk mendaftarkan domain baru. Dan saat itulah baru ketahuan jika inbox dalam Gmail saya itu penuh sesak oleh email notifikasi dari Facebook. Jumlahnya telah mencapai 1000 email lebih. Seketika itu juga saya nonaktifkan notifikasi email di pengaturan Facebook agar email tidak semakin bertambah. Lantas bagaimana cara menghapus email-email ini sekaligus? Karena jika harus menghapusnya secara manual tentu akan melelahkan sekali. Dan seperti biasanya saya meminta bantuan Google untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang saya hadapi. 

Ternyata solusi yang diajarkan Google pada saya adalah dengan cara mengelompokkan email yang hendak dihapus tersebuat melalui fasilitas pemfilteran yang telah di sediakan oleh Gmail. Jadi cara penghapusan email di inbox adalah per kelompok agar lebih cepat. Ingin tahu caranya? ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Menghapus Ratusan Inbox di Gmail secara Serentak

  1. Login ke Gmail. 
  2. Buka salah satu email yang yang akan di hapus. Dalam contoh ini adalah email dari Facebook. 
  3. Setelah email terbuka lalu klik Filter pesan-pesan seperti ini pada menu Lainnya. Jika tidak menemukan menu Lainnya atau More, maka ubah mode tampilan email dari HTML biasa ke Standar. 
    Cara Menghapus Ratusan Inbox di Gmail dengan Mudah dan Cepat
  4. Setelah menu terbuka, lalu klik Buat filter dengan parameter ini
    Cara Menghapus Ratusan Inbox di Gmail dengan Mudah dan Cepat
  5. Berikutnya, beri tanda ceklis pada Hapus dan Terapkan juga filter pada percakapan yang cocok , lalu klik Buat Filter. Tunggu sampai proses penghapusan selesai
    Cara Menghapus Ratusan Inbox di Gmail dengan Mudah dan Cepat
  6. Selesai

Jika masih ada email yang tersisa dan ingin dihapus, bisa dilakukan secara manual. Namun jika jumlahnya cukup banyak, misalnya email notifikasi dari Twitter, maka kita harus mengulang membuat Filter seperti langkah-langkah di atas, namun pada kelompok email yang berbeda

Untuk menghapus email secara massal pada Yahoo silakan baca