Cara Sederhana Mendapatkan Domain Dan Hosting Murah

Tabel of Content [View]
Salah satu cara sederhana untuk mendapatkan domain dan hosting murah adalah dengan memanfaatkan promo yang disediakan oleh penyedia hosting baik lokal maupunpun internasional. Namun tetap harus memperhatikan harga normalnya.

Karena jika harga normalnya lebih tinggi dari penyedia hosting yang lain tentu saja akan memberatkan ketika hendak memperpanjang domain dan hosting nantinya. Karena biasanya harga promo hanya untuk pembelian tahun pertama saja.

Cara Mendapatkan Domain dan Hosting Murah

Cara berikutnya untuk mendapatkan domain dan hosting murah adalah dengan membandingkan antara satu penyedia dengan penyedia hosting lainnya. Sama seperti ketika belanja dipasar. Namun bedanya dalam pembelian domain dan hosting secara resmi tidak ada tawar menawar :D.

Pengalaman saya ketika pertama kali membuat blog berbayar (self hosting). Saat itu ada promo domain (.NET) seharga Rp.23.000/tahun. Namun di tempat yang sama harga shared hosting termurah adalah Rp.100.000/tahun dengan berbagai keterbatasan. Tentu saja harganya tidak lagi murah karena domain+hosting masih di atas Rp.100.000.

domain dan hosting murah

Lalu saya hunting hosting murah via google. Alhamdulillah ketemu dengan harga yang cocok di kantong dengan fitur yang lumayan bagi saya saat itu. Dengan Rp.60.000/tahun  saya mendapatkan space 150MB, web email 10,  pop email 10, subdomain 10 dan masih banyak lagi kelebihan yang diberikan. Tentu sangatlah cukup bagi pemula seperti saya saat itu. Tetapi sayangnya di tempat ini harga domain lebih tinggi dari pada di tempat lainnya.

Akhirnya saya putuskan untuk membeli domain dan hosting ditempat yang terpisah. Karena itu membuat saya bisa berhemat sekaligus mendapatkan apa yang saya inginkan.

Itulah tips dari saya bagi Anda yang ingin mendapatkan harga murah domain+hosting.