Cara Mudah Menggandakan Aplikasi Android Tanpa Root


cara-Menggandakan-Aplikas-Androids


Secara normal, tidak memungkinkan bagi kita untuk menginstal aplikasi yang sama dua kali dalam satu perangkat Android. Itu berarti kita hanya bisa menggunakan satu akun saja pada masing-masing aplikasi atau game yang telah kita install. Karena pada kebanyakan aplikasi hanya mengizinkan satu akun saja dalam waktu yang sama. Jika ingin menggunakan akun yang berbeda, kita harus log out terlebih dahulu baru kemudian login lagi menggunakan akun yang lainnya lagi. Tentu saja hal itu sangat merepotkan dan membosankan.

Lalu adakah cara yang memungkinkan kita untuk bisa menginstall aplikasi yang sama dua kali pada satu perangkat Android agar bisa dua akun berbeda pada waktu yang bersamaan?

Tentu saja ada cara untuk melakukan hal itu. Namun biasanya mengharuskan perangkat android telah di Root. Lebih lanjut bisa baca beberapa info tentang rooting pada Android.
Lantas bagaimana yang perangkatnya belum mempunyai akses root? Ya tentu saja tidak bisa mencobanya jika persyaratannya harus mempunyai akses root.

Terlepas dari berbagai alasan dan tujuan, banyak diantara kita yang mempunyai lebih dari satu akun pada aplikasi favorit yang kita pakai. Sebuat saja misalnya, BBM, WA, Line, Facebook, Twitter dan Instagram. Namun banyak yang belum tahu cara menggunakan dua akun berbeda pada satu aplikasi yang sama secara bersamaan dalam satu perangkat Android.

Jika kita mencarinya di google ada banyak sekali tutorial tentang hal itu. Jika tidak percaya coba saja tuliskan: cara install dua Facebook dalam satu android atau cara install dua twitter dalam satu android atau cara install dua WA dalam satu android atau cara install dua bbm dalam satu android atau cara install dua Instagram dalam satu android. Bagaimana hasilnya? Banyak sekali bukan?

Namun kebanyakan cara atau tutorialnya mengharuskan kita menginstall aplikasi tambahan yang sifatnya unofficial. Aplikasi yang tidak "original" seperti ini tidak akan mendapatkan update atau pembaharuan resmi dari pembuatnya. Hal seperti ini pada beberapa aplikasi menjadi masalah. Seperti aplikasi WA mod atau BBM mod pada saat-saat tertentu benar-benar tidak bisa dipakai lagi karena dianggap expire. Jika yang memodifikasi aplikasi tersebut membuat modifikasi pada aplikasi terbarunya tentu tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika tidak tentu akan merepotkan karena kita harus mencari aplikasi penggantinya. Belum lagi masalah lemot pada perangkat yang kita pakai karena terasa begitu berat menjalankan beberapa aplikasi ganda pada satu perangkat terutama yang berkelas "low end" hehehe..

Tutorial berikut akan menuntun kita bagaimana cara mengistal satu aplikasi dua kali dalam satu perangkat Android.

Cara mudah menggandakan aplikasi Android tanpa root:

  1. Download dan install aplikasi Parallel Space dari Play Store atau klik disini
  2. Buka aplikasi Parallel Space. Lalu pilih aplikasi yang ingin digandakan (dalam contoh ini saya memilih 6 alikasi: BBM, WA, FB, IG dan FM Messanger) lalu klik Tambahkan ke Parallel Space

    parallel-space-1

  3. Selah ditambahkan ke Parallel Space maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini 

    parallel-space-2

  4. Klik aplikasi yang diinginkan lalu login dengan akun yang baru maka aplikasi akan dijalankan seakan kita baru menginstal aplikasi. Semua aplikasi akan di jalankan secara indipenden dengan data terpisah dari aplikasi "induk" nya.
  5. Selesai. Anda telah menggandakan dan menginstall beberapa aplikasi secara instan. Jika ada aplikasi atau game yang ingin ditambahkan Anda tinggal menekan "+".

Demikianlah cara paling mudah menggandakan aplikasi Android tanpa root.




Pencinta teknologi, yang hobi memotret dan berselancar di internet. Mencari dan mempelajari hal yang baru adalah suatu yang sangat disukainya dalam mengisi waktu.

Share this

---

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Fri Oct 21, 01:30:00 PM 2016 delete

Wah.. bisa gitu ya? boleh nih dicobe buat IG ^^

Reply
avatar

Terimakasih buat rekan-rekan yang telah meluangkan waktu untuk memberi komentar.
Tapi maaf, saya moderasi terlebih dahulu, untuk menghindari spam