Mengenal Recovery Mode Pada Android




Pada postingan kali ini kita akan mengenal Recovery Mode pada Android. 

Pada perangkat Android, Recovery adalah hal yang sangat penting. Bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Recovery adalah sebuah partisi bootable di mana konsol pemulihan terdapat disana.



Mengapa perlu Recovery?

Recovery android dapat melakukan berbagai tindakan seperti flashing ROM dan Kernel, memperbaiki sistem dan back up data. Banyaknya pilihan custom ROM yang tersedia untuk berbagai perangkat, recovery menjadi sangat berguna. Ada dua macam recovery pada Android. recovery bawaan / stock recovery dan custom recovery.



Mengenal Recovery Mode Pada Android



StockRecovery

Stock Recovery dibuat oleh pabrik pembuat perangkat yang berguna untuk melakukan fungsi dasar seperti membersihkan data, factory reset dan berguna untuk menginstal update resmi.



Custom Recovery 

Ada dua macam custom ROM yang kita kenal saat ini. CWM (Clock Work Mod) dan TWRP (Team Win Recovery Project) seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


CWM (Clock Work Mod)

CWM (Clock Work Mod)


TWRP (Team Win Recovery Project)

TWRP (Team Win Recovery Project)


Custom Recovery, menawarkan lebih banyak fungsi. .Untuk flash custom ROM dan Kernel serta membuat backup dan restore data. Sebagian besar custom recovery berisi file manager yang berguna untuk mengelola file atau dokumen bahkan tanpa booting ke OS. Hal ini sangat membantu dalam kasus bootloop. Kita dapat mencari dan mengganti file penyebab bootloop tersebut.

Silakan baca juga:




Penulis Tidak Bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi pada perangkat Anda setelah mengikuti tutorial pada blog ini. "Do With Your Own Risk"

Share this

---

Previous
Next Post »